KM KIRANA I Terbakar, Puluhan Kru Melompat ke Laut Selamatkan Diri

FTNews, Semarang— KM KIRANA I, kapal penyebrangan antar provinsi milik PT Darma Lautan Utama, terbakar hebat di perairan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sekitar 3 mil laut dari dermaga pelabuhan. Beruntung para kru berhasil menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.

Dilansir keterangan Humas Polri, KM KIRANA I terbakar Minggu (11/8/2024) sekitar pukul 15.30 WIB. Menurut catatan, kapal tersebut  tiba dari Pelabuhan Sampit pada Sabtu (10/8/2024) dan akan melanjutkan perjalanan kembali ke Sampit Selasa (13/8/2024) mendatang.

Namun entah bagaimana, Minggu sore,  kru mendengar ledakan dari dek tengah dan melihat api yang menyebar. Meskipun upaya pemadaman telah dilakukan, api tetap tidak dapat dikendalikan. Akhirnya para kru memutuskan meninggalkan kapal dengan menceburkan diri ke laut.

Menurut keterangan Dir Polair Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi, sebanyak 52 kru kapal berhasil diselamatkan tanpa ada korban jiwa. Di antara kru tersebut, 21 orang adalah kru inti, 24 orang kru vendor, dan 7 orang teknisi.

Para Kru kapal yang menceburkan diri ke laut berhasil diselamatkan Kapal Dit Polairud Polda Jateng dan tug boat TB. NUSANTARA VIII, TB. KRISNA 315, serta TB. SATRIA LAKSANA 127.

”Kami dari Dit Polairud Polda Jateng  berhasil menyelamatkan 21 Kru kapal dan  untuk proses pemadamannya dilakukan oleh lima unit tug boat pemadam milik PT. PELINDO Semarang,” jelas Kombes Pol Hariadi.

Ia menambahkan bahwa penyebab kebakaran tersebut masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kombes Pol Hariadi menambahkan, Ditpolairud Polda Jateng telah melakukan berbagai tindakan cepat untuk menangani kejadian tersebut. Termasuk mengamankan area perairan di sekitar lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan KN. Nakula milik BASARNAS, KT Bima 306, dan KT Kresna 315 untuk memastikan keselamatan kru serta memadama api yang melanda kapal.***

Artikel Terkait

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...

Support Perkembangan UMKM, Pemkab Purbalingga Siapkan Dana Hibah Rp1,3 Miliar

FTNews, Purbalingga--- Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi...

Atasi Kekeringan, BPBD Salurkan 1 Juta Liter Lebih Air Bersih ke Puluhan Desa di Rembang

FTNews, Rembang--- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang...