Komnas HAM Minta Sepakbola Dibekukan, Presiden Madura United Tak Setuju

Forumterkininews.id, Jakarta – Komnas HAM ingin sepakbola Indonesia dibekukan oleh pemerintah. Presiden Madura United, Achsanul Qosasi tak setuju akan akan hal tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komnas HAM meminta kepada pemerintah untuk membekukan sepakbola Indonesia. Ini merupakan buntut dari tragedi Stadin Kanjuruhan, yang tewaskan 135 orang.

Banyak orang yang tidak sepakat dengan komentar tersebut. Salah satunya adalah Presiden Madura United, Achasanul Qosasi.

“Dia tidak melihat dari perspektif bagaimana sepak bola ini bisa segera bergulir kembali. Dia tidak punya pertimbangan itu sama sekali,” kata Achsanul Qosasi, diberitakan Antara.

Menurut dia, perspektif Komnas HAM dalam hasil investigasinya lebih menekankan pada persoalan HAM-nya. Tetapi tidak melihat dari unsur sepakbolanya sama sekali.

Padahal, kata dia, Komnas HAM seharusnya lebih merekomendasikan tentang jaminan agar hak-hak asasi manusia dapat terakomodasi dalam sepakbola. Bukan malah merekomendasikan terkait kompetisi atau sepak bolanya.

Jadi, Achsanul melanjutkan, jika Komnas HAM masuk dalam ranah sepakbolanya malah menjadi langkah yang terlalu jauh.

“Komnas HAM mestinya merekomendasikan, misalnya, demi keamanan penonton maka dalam menggelar kompetisi sepak bola harus memperhatikan apakah itu jam tayangnya atau instrumen-instrumen lain. Bukan sepak bolanya,” kata Achsanul.

“Kalau begini bisa dibilang Komnas HAM agak offside lah,” Achsanul menambahkan.

Artikel Terkait