Kota Medan Kini Sudah Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, di Sini Letaknya

FTNews – Wali Kota Medan, Bobby Nasution baru saja meresmikan Electric Vechile (EV) Charging Station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) perdana di Hotel Le Polonia, jalan Jenderal Sudirman, Selasa (30/1/2024). Meski berada di lingkungan hotel, SPKL di hotel Polonia tersebut termasuk menjadi fasilitas umum.

Bobby sendiri mengapresiasi keberadaan SPKL tersebut yang menjadi pertama di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Apresiasi kita kepada Hotel Le Polonia yang memberikan fasilitas EV Charging Station bukan hanya untuk pengunjung hotel tetapi masyarakat umum yang mengunjungi seluruh fasilitas hotel seperti cafe bisa menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik ini”, kata Bobby Nasution kepada awak media.

Ia juga mengemukakan bahwa penggunaannya untuk saat ini masih gratis. Tentunya, ia berharap fasilitas tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Tak hanya itu, Bobby juga akan terus mendorong tempat atau fasilitas umum yang ada di Medan ini untuk menyediakan EV Charging Station atau SPKL di masing-masing tempatnya, seperti yang dilakukan Hotel Le Polonia.

“Kita menargetkan sebanyak-banyaknya adanya EV Charging Station seperti ini khususnya di fasilitas umum yang menjadi tempat masyarakat beraktifitas contoh Hotel, Mall dan Cafe. Artinya masyarakat bisa sekalian nongkrong dan mengisi kendaraan listriknya,” jelas Bobby.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa EV Charging Station yang ada di Hotel Polonia ini tidak bisa digunakan untuk bus listrik karena kapasitas Kwh untuk bus listrik berbeda dengan kendaraan listrik pribadi

Sementara itu Handoko, GM Hotel Le Polonia mengatakan bahwa keberadaan EV Charging Station di hotel bertujuan mendukung program pemerintah terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik atau eco energy.

Keberadaan SPKL yang ada di hotel ini didukung PLN dan diharapkan semakin membantu masyarakat.

BACA JUGA:   1.142 Atlet Sumut Siap Berlaga, Hassanudin: Target Juara PON XXI

“Adanya EV Charging Station ini merupakan wujud terhadap program pemerintah. artinya Kami mendukung eco energy dan kami percaya program ini senantiasa akan berkembang di Kota Medan”, jelasnya.

Untuk diketahui, peluncuran SPKL ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bobby Nasution yang didampingi General Manager Le Polonia Hotel Medan, Handoko dan Perwakilan PLN Cabang Medan.

Usai menggunting pita, Bobby Nasution meninjau EV Charging Station dan mencoba mengisi daya listrik ke kendaraan listrik yang terparkir. Lokasi EV Charging Station ini berada di parkiran lobby depan dan parkiran lobby belakang hotel.

Artikel Terkait