KP Tepis Erick Thohir Tak Layak Jadi Ketum PSSI

Forumterkininews.id, Jakarta – Erick Thohir disebut tak pantas untuk maju jadi calon ketua umum PSSI. Namun, berita tersebut ditepis oleh Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhannudin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, adalah Yesayas Oktavianus. yang mengangkat isu soal ketidaklayakan Erick Thohir maju sebagai calon ketua umum PSSI. Karena diduga tidak memenuhi syarat keaktifan di sepak bola nasional.

Yesayas, menyebut bahwa jabatan Erick Thohir sebagai wakil komisaris utama di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) tidak bisa disebut “aktif” di sepak bola.

“Yang bersangkutan memenuhi yang disyaratkan oleh Statuta PSSI,” ujar Amir kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Amir sekaligus menepis kabar yang menyebut bahwa Erick Thohir melanggar ketentuan aktif di sepak bola selama lima tahun sesuai dengan ayat 4 pasal 38 Statuta PSSI.

Menurut dia, Erick bisa dibuktikan aktif di sepak bola dan itu dapat dibuktikan dengan dokumen pendukung.

“Itu sesuai dengan dokumen yang dilampirkan dan dikonfirmasi dengan klub anggotanya. Jadi isu itu tidak benar,” kata Amir.

Sementara itu, Yesayas mengaku telah mengadukan dugaan pelanggaran itu ke Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI pada 2 Februari 2023. Tetapi belum ada tanggapan.

Kemudian dia mengabarkan hal itu pula ke FIFA melalui surat elektronik pada 6 Februari 2023, dengan hasil belum juga mendapatkan jawaban. Andai masih mentok, Yesayas berencana membawa permasalahan itu ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Artikel Terkait