Mobile Ad
3 Gerakan Yoga Ini Bisa Obati Insomnia

Selasa, 18 Jun 2024

FTNews - Kesulitan tidur kerap dialami oleh orang dewasa. Salah satu penyebabnya adalah insomnia yang merupakan gangguan yang membuat penderitanya kesulitan atau tidak dapat tidur dengan baik di malam hari. Mengatasi hal ini, pakar yoga mengungkapkan tiga gerakan yoga yang dapat mengobati insomnia.

Praktisi Yoga asal New York, Amerika serikat Chloe Kernaghan mengatakan yoga merupakan latihan untuk menemukan ketenangan dalam pikiran. Ketika kesulitan tidur, artinya pikiran kamu tidak dalam kondisi tenang.

Yoga juga merupakan latihan fisik yang dikenal dapat membantu menenangkan respons stres fisik tubuh atau sistem saraf. Dalam yoga kamu berlatih pernapasan dan melakukan gerakan yoga tertentu untuk memperoleh kedamaian.

"Latihan fisik dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengalihkan Anda dari mode simpatik ke mode parasimpatis, ideal untuk istirahat dan tidur nyenyak." ujar Kernaghan, dikutip CNET.

Meski demikian, beberapa kelas memiliki tempo yang lebih cepat, seperti power yoga misalnya, dan dapat meningkatkan detak jantung. “Saya merekomendasikan melakukan latihan yang menenangkan dan lambat seperti yoga yin dan yoga restoratif,” katanya. 

Kernaghan melanjutkan, di kelas yoga yin dan restoratif bisa jadi pilihan, karena kamu melakukan gerakan yoga lebih lama. “Serta, menggunakan lebih banyak alat peraga sebagai pendukung, dan mendapat instruksi yang kurang intens dari guru, sehingga ada lebih banyak ruang yang tenang." ujar Kernaghan.

Gerakan Yoga Foto: Pexels

3 Gerakan Yoga Terbaik untuk Atasi Insomnia


Child's Pose  


"Lipatan ke depan menenangkan tubuh dan dengan lipatan di lutut dan pinggul, ini juga bisa menjadi peregangan yang bagus untuk pinggul dan punggung bawah. Pastikan kepala Anda ditopang, jadi jika perlu, tambahkan bantal lain ke dalamnya. buatlah nyaman," kata Kernaghan.

Caranya:

[embed]https://youtu.be/Sa-i0QekykY?feature=shared[/embed]

Goddess Pose


Kernaghan mengatakan gerakan yoga ini cara terbaik untuk mendapatkan rileks. “Memiliki lipatan kaki yang dalam dapat membantu pencernaan, dan membiarkan tubuh menempel di lantai adalah cara yang bagus untuk melepaskan beban yang tersisa dari hari Anda," tambahnya.

Caranya:

[embed]https://youtu.be/bLSMj6EgOLc?feature=shared[/embed]

Kaki Menyentuh Dinding


Gerakan yoga ini, menurut Kernaghan, sangat baik untuk membantu tidur, sebab aliran darah turun ke tubuh yang menempel pada matras.

Caranya:

https://youtu.be/_OQEIiZLY-0

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement