Mobile Ad
5 Sayuran Tinggi Serat Ini Bantu Melancarkan BAB

Jumat, 31 Mei 2024

FTNews - susah buang air besar (BAB) atau sembelit salah satu kondisi yang tidak mengenakkan. Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang sering dialami setiap orang. Solusi mengatasinya adalah mengonsumsi sayuran tinggi serat.

Serat berfungsi merangsang usus besar untuk aktif mencerna makanan, sehingga feses jadi lebih lunak. Apabila kamu tengah mengalami sembelit, berikut ini makanan tinggi serat untuk melancarkan BAB.

Sayuran Tinggi Serat Foto: Pexels

Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang efektif mengatasi sembelit. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung folat, vitamin C, dan vitamin K. Sehingga, membantu membuat feses menjadi lebih lunak. 

Dalam 91 gram brokoli mengandung sebanyak 2,37 gram. Jumlah ini menjadikan brokoli sayuran tinggi serat.

Bayam

Dalam 100 gram bayam mengandung  2,2 gram serat yang berguna dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, bayam juga mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium, kalsium, kalium, juga natrium.

Kangkung

Kangkung ternyata juga memiliki manfaat untuk melancarkan BAB. Setiap 100 gram kangkung atau  3/4 ikat mengandung 2 gram serat.

Kangkung juga mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus.

Sayuran Tinggi Serat Foto: Pexels

Labu Siam

Labu siam juga masuk dalam sayuran tinggi serat. Dalam 100 gram labu siam mengandung sekitar 6 gram serat. Kandungngan ini cukup tinggi untuk menambah asupan serat per hari. Sayuran ini juga mengandung vitamin C dan protein yang cocok untuk menu diet.

Kentang

Kentang bisa diolah menjadi perkedel dan campuran dalam sayur sop. Sayuran ini mengandung sekitar 3,57 gram serat dalam 170 gram penyajiannya. Jumlah ini menjadikan kentang sayuran tinggi serat.

Selain mengandung serat, kentang juga mengandung pati resisten yang dapat melunakkan feses dalam usus besar. Sehingga, dapat melancarkan sembelit.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement