Mobile Ad
6 Cara Meningkatkan Peluang Kehamilan, Calon Ibu Perlu Tahu

Selasa, 11 Jun 2024

FTNews - Memiliki buah hati menjadi kebahagiaan setiap pernikahan. Meskipun menjadi orang tua adalah hal terindah, tapi bukan menjadi sesuatu yang mudah bagi setiap pasangan. Untuk mendapatkan kebahagiaan itu, kamu perlu tahu cara meningkatkan peluang kehamilan.

Setiap perempuan pasti ingin memiliki bayi yang sehat dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Dalam menggapai upaya ini, dokter kandungan Dr Nisha Pansare memberikan tipsnya, dikutip Health Shot.

Pertahankan Berat Badan Sehat


Mempertahankan berat badan ideal diperlukan untuk menambah peluang kehamilan. Sebab, penelitian yang diterbitkan dalam Pediatric Research menemukan bahwa obesitas pada ibu hamil dapat memicu komplikasi.

meningkatkan peluang kehamilan Foto: Freepik

Apabila kamu memiliki kelebihan berat badan, ada baiknya melakukan aktivitas fisik untuk menurunkannya. Dr Pansare merekomendasikan jalan cepat , joging, berenang, bersepeda, atau lari selama 30 menit setiap hari untuk melihat perbedaannya.

Konsumsi Makanan Sehat


Konsumsi makanan seimbang, terdiri dari buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Hal ini dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Kamu juga perlu menghindari makan junk food, makanan kaleng, makanan olahan, serta obat-obatan terlarang yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Hamil


Mengetahui siklus menstruasi dapat dapat menjadi cara untuk menambah peluang hamil. Salah satu caranya ialah tahu siklus ovulasi yang terjadi.

Ovulasi biasanya terjadi 12 hingga 14 hari sebelum periode haid berikutnya dimulai. Masa ini merupakan waktu di bulan ketika seorang perempuan memiliki peluang besar untuk hamil.

meningkatkan peluang kehamilan Foto: Freepik

Hindari Produk yang Mengandung Bahan Kimia


Dr Pansare merekomendasikan untuk menghindari semua produk yang berbahan dasar kimia. Sebab bahan kimia dikhawatirkan dapat mengganggu kesuburan.

Jaga Kesehatan Mulut


Hal ini penting untuk meningkatkan peluang kehamilan. Sebab, bakteri di mulut bisa meningkatkan risiko infertilitas atau kesuburan pada perempuan.

Dr Pansare mengatakan bahwa penting bagi seorang perempuan untuk menjaga kebersihan mulutnya sebelum hamil. Penyakit gusi dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kehamilan.

Periksa Kondisi Medis


Salah satu persiapan yang disarankan untuk calon ibu baru adalah medical check-up sebelum hamil. Hal ini perlu untuk meningkatkan peluang kehamilan. Apabila kamu mengalami kondisi penyakit tertentu yang bisa membahayakan kehamilan, ada baiknya konsultasikan dahulu kepada dokter.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement