Mobile Ad
Ada Aksi di Gedung DPR RI, 3.929 Personel Gabungan Siaga

Selasa, 05 Mar 2024

FTNews - Sejumlah personel gabungan siap mengamankan unjuk rasa yang berbagai elemen gelar di depan Gedung DPR/MPR RI Tanah Abang Jakarta Pusat, pada Selasa (5/3).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya akan menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

“Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat di depan Gedung DPR/MPR RI, kami melibatkan sejumlah 3.929 personel gabungan,” kata Susatyo, dalam keterangannya, Selasa (5/3).

Lebih lanjut ia menuturkan personel gabungan yang terlibat di antaranya berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat. Lalu TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.


Sementara itu nantinya para personel akan ditempatkan di sejumlah titik wilayah Gedung DPR/MPR RI yang menjadi pusat berlangsungnya aksi unjuk rasa.

"Untuk aksi unjuk rasa hari ini, hal tersebut sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan DPR/MPR RI," jelas Susatyo.

Rekayasa Lalu Lintas


Selain itu pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas yang nantinya akan polisi berlakukan situasional melihat jumlah massa di lapangan.

"Kita lihat nanti jumlah massanya. Bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan. Penyekatan di Pulau Dua. Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi," papar Susatyo.

Kemudian dalam aksi unjuk rasa ini ia mengimbau kepada massa yang terlibat untuk menyampaikan pendapat sesuai dengan aturan yang berlaku guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

"Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di depan Gedung DPR/MPR RI," ungkap Susatyo.

Selain itu Susatyo juga menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

"Kami mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif,” tegas Susatyo.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement