Mobile Ad
Ada Demo Tri Tura, 2.590 Personel Gabungan Amankan Gedung DPR

Kamis, 29 Feb 2024

FTNews - Sejumlah personel gabungan siaga mengamankan unjuk rasa dari berbagai elemen di depan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang Jakarta Pusat, pada Jumat (1/3).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan terdapat ribuan personel yang diterjunkan untuk mengamankan aksi tersebut.

“Kami melibatkan 2.590 personel gabungan,” kata Susatyo, kepada wartawan, pada Jumat (1/3).

Lebih lanjut ia mengungkapkan personel gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

Sementara itu nantinya para personel akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar gedung DPR/MPR RI. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

“Untuk aksi unjuk rasa hari ini, sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan DPR/MPR RI," jelas Susatyo.

Persiapan personel pengamanan unjuk rasa. Foto: Polres Jakpus

Rekayasa Lalu Lintas

Selain itu pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

"Bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua," papar Susatyo. 

Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI polisi tutup dan luruskan ke arah Slipi.

Polisi mengimbau peserta unjuk rasa tetap berdemo dengan mematuhi peraturan yang berlaku.

"Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak,” ungkap Susatyo.

Selain itu ia meminta kepada massa agar tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di depan DPR/MPR RI.

"Dengan persiapan dan kesiapan pengamanan yang sudah kami lakukan, kami mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif,” ujar Susatyo. Situasi jelang pengamanan di gedung DPR. Foto: Polres Jakpus

Sekadar informasi, berdasarkan pamflet yang FTNews lihat, terdapat massa aksi dari Front Rakyat Semesta (FRS) yang akan melaksanakan unjuk rasa di Gedung DPR RI.

“Aksi Rakyat Semesta Geruduk DPR RI, Jumat 1 Maret 2024, Orasi Bersama,” tulis keterangan dalam pamflet.Dalam aksi nanti, sejumlah tokoh maupun Purnawirawan TNI, Mayjen TNI (Purn) Soemarto.

Adapun dalam aksi tersebut nantinya para penyelenggara akan melontarkan tiga tuntutan rakyat (Tri Tura) yakni:

1.Turunkan Harga Sembako

2.Dukung Hak Angket dan Diskualifikasi 02

3.Makzulkan Jokowi

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement