Mobile Ad
Akibat Serangan Peretas, Ini Permintaan Menkominfo

Rabu, 14 Sep 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Indonesia digegerkan dengan adanya data-data umum negara yang dibocorkan oleh peretas atau hacker Bjorka pada beberapa waktu lalu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, mengatakan penyelenggara sistem elektronik privat diminta untuk memastikan keamanan data sistemnya masing-masing.

"Hal ini dilakukan akibat adanya serangan-serangan cyber yang juga dilakukan terhadap sistem elektronik privat," kata Johnny.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam menjaga keamanan sistem data tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Kita harus memastikan teknologinya terus di update dan ditingkatkan, serta memastikan tata kelola dan sistem manajemen terus diperbaiki dengan melibatkan tenaga yang ahli," kata Johnny.

"Dan memastikan sumber daya manusia teknologi digital dan enkripsi itu betul-betul kuat dan memadai," sambungnya.


Terkait hal ini ia meminta kepada penyelenggara sistem elektronik lingkup privat jangan lengah.

Agar selalu memperhatikan dan berkomunikasi dengan pemerintah untuk membantu apabila ada dugaan kebocoran data.

"Penyelenggara perlu berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat masukan," katanya aat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Rabu (14/9).

"Sehingga bisa menjaga sistem elektronik yang baik dan dapat melaksanakan kewajibannya untuk memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat yang ada pada sistem elektoniknya masing-masing," tutup Johnny.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement