Mobile Ad
Anjing Kecil Hidup Lebih Lama Ketimbang Anjing Besar? Ini Faktanya!

Jumat, 19 Jan 2024

FTNews - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan sangat dekat dengan manusia, bahkan banyak orang berpendapat bahwa hewan ini adalah “sahabat manusia”. Namun, anjing hanya dapat menemani manusia selama 10 hingga 13 tahun.

Akan tetapi, baru-baru ini ada penelitian mengatakan bahwa anjing ukuran kecil memiliki masa hidup lebih panjang daripada anjing ukuran besar. Sebuah penelitian dari Plos One mengatakan bahwa adanya perbedaan pada kulit, tulang, pencernaan, dan lain sebagainya antara anjing ukuran besar dan kecil.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 25.000 ekor anjing di Amerika Serikat yang terbagi menjadi 238 jenis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anjing ukuran besar cenderung akan terkena lebih banyak masalah kesehatan.

Sebagai contoh, anjing kecil di bawah 10 kg memiliki peluang terkena masalah kulit sebanyak 26 persen. Sementara itu, anjing dengan ukuran di atas 40 kg berpeluang 33 persen terkena permasalahan kulit.

Contoh lainnya adalah peluang anjing kecil di bawah 10 kg terkena penyakit menular adalah 19 persen. Namun untuk anjing besar di atas 40 kg memiliki risiko sebesar 27-30 persen terkena penyakit menular.

Ilustrasi anjing ukuran besar dan ukuran kecil. Foto: canva

Namun, beberapa permasalahan seperti pada mata, jantung, hati, dan pernapasan cenderung jarang ditemukan di anjing ukuran besar. Anjing ukuran besar memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Hal ini memengaruhi kesehatan pada anjing tersebut.

Seperti pada penyakit tulang, pertumbuhan anjing yang sangat cepat dapat menimbulkan permasalahan pada muskuloskeletal dan ortopedinya. Penyakit yang akan timbul seperti displasia pinggul, osteoarthritis, dan osteochondrosis.

“Hasil ini memberikan wawasan tentang kategori penyakit yang mungkin berkontribusi pada berkurangnya umur anjing yang lebih besar dan menyarankan berbagai cara untuk eksplorasi lebih lanjut,” ungkap Yunbi Nam, penulis dan peneliti dari jurnal ini.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi anjing ukuran kecil untuk terkena penyakit. Karena anjing dengan ukuran kecil akan memiliki permasalahan yang berbeda dari anjing ukuran besar.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement