Mobile Ad
Apakah Yoga Latihan Kekuatan? Ini Kata Ahli

Jumat, 07 Jun 2024

FTNews - Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena dapat memperkuat imun. Salah satu olahraga yang banyak digemari adalah yoga. Banyaknya gerakan sulit dalam olahraga ini, memantik pertanyaan apakah yoga termasuk latihan kekuatan?

Yoga membutuhkan banyak energi dan keterampilan untuk mempraktikkan gerakan, seperti pohon, gagak, ataupun kalajengking. Gerakan-gerakan ini bermanfaat meningkatkan keseimbangan, mengurangi kekakuan, dan menghilangkan stres.

Latihan kekuatan sendiri salah satu jenis olahraga yang berguna untuk mengembangkan massa otot. Sementara, dalam buku Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching karya Harsono (1988), kemampuan otot dalam melakukan kontraksi untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan disebut kekuatan.

latihan kekuatan Yoga termasuk latihan kekuatan, namun tergantung

Ahli fisioterapi asal Inggris Katie Knapton mengatakan, yoga dianggap sebagai latihan kekuatan bergantung pada kebutuhan individu, tujuan kebugaran, dan tingkat kebugaran.

“Jika saat ini Anda tidak melakukan aktivitas fitnes apa pun, maka jawabannya adalah ya. Memperkenalkan yoga dapat menjadi bagian dari program penguatan Anda. Namun jika Anda sudah melakukan latihan ketahanan yang signifikan dan memiliki tingkat kebugaran dasar yang baik, maka yoga tidak akan membuat perbedaan dalam kekuatan.” tambahnya.

Pernyataannya sesuai dengan studi dalam The Journals of Gerontology mengungkapkan bahwa meskipun yoga teratur tiga kali seminggu bisa memicu peningkatan otot, tapi tidak efektif bagi tubuh dalam jangka panjang.

Latihan Kekuatan Foto: Live Science

Yoga untuk Latihan Kekuatan


Guru Yoga Senior Laura Pearce merekomendasikan latihan otot posterior chain dan punggung atas. Posterior chain sendiri merupakan otot-otot yang mengalir di bagian belakang tubuh kamu dari leher sampai ke betis.

“Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan backbends aktif. Variasi pose belalang adalah ekstensi punggung yang bagus. Latihan ini mengharuskan Anda untuk ‌ secara aktif melibatkan tubuh bagian belakang dalam gerakan ekstensi punggung yang biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Anda juga dapat mencoba pose membungkuk tanpa memegang kaki, cukup aktif meraihnya – ini bagus untuk memperkuat seluruh tubuh bagian belakang.” katanya.

Knapton menambahkan, ini termasuk latihan kekuatan yang memberikan manfaat penguatan otot yang ditargetkan dan fleksibilitas yoga. Knapton merekomendasikan gerakan ini dilakukan dua hingga tiga kali kali seminggu untuk mencapai peningkatan kekuatan.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement