Mobile Ad
ASEAN AMMTC ke-17 Bahas 10 Isu Kejahatan Transnasional

Senin, 21 Agt 2023

Forumterkininews.id, Labuan Bajo - ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) telah resmi dibuka. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan pertemuan membahas 10 isu prioritas kejahatan transnasional.

Ramadhan mengungkapkan itu di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timu (NTT), Senin (21/8).

"Total peserta kegiatan mencapai 250 orang dan AMMTC ke-17 membicarakan 10 isu prioritas kejahatan transnasional yang menjadi keprihatinan bersama," katanya.

Sepuluh isu prioritas kejahatan transnasional yang dibahas. Di antaranya adalah kejahatan terorisme, kejahatan dunia maya, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar dan kayu ilegal.

Kemudian, perdagangan obat-obatan terlarang, pencucian uang, kejahatan ekonomi internasional, pembajakan laut, penyelundupan manusia. Serta tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Ada 10 menteri negara anggota ASEAN yang ikuti pertemuan kali ini. Di mana tiga negara mitra dialog dari China, Jepang, dan Korea Selatan, serta Timor Leste sebagai pengamat; para direktur Imigrasi ASEAN; sekretaris jenderal ASEAN; serta delegasi lain.

Dalam laporan pembukaan, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa kejahatan transnasional terus menjadi ancaman serius bagi kawasan ASEAN di tengah kemajuan saat ini.

Oleh karena itu, dia berharap AMMTC Ke-17 dapat berfungsi sebagai platform bagi ASEAN untuk menilai kemajuan dan kolaborasi masing-masing negara dalam mengatasi tantangan yang ada, serta mengembangkan strategi praktis dan arah menghadapi tindakan masa depan.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement