Mobile Ad
Besok Masjid Agung Al-Azhar Gelar Salat Idul Adha, Ini Alasannya

Sabtu, 15 Jun 2024

FTNews - Masjid Agung Al-Azhar akan menggelar salat Idul Adha 1445 Hijriah, pada Minggu (16/6). Adapun hal ini diumumkan melalui akun resmi media sosial Instagram @masjidagungalazhar.

Nantinya yang akan menjadi imam dalam pelaksanaan salat tersebut adalah H. Mukhtar Ibnu, M.Pd. Sementara itu Katib akan dipimpin oleh Dr. H. M. Anwar

R. Prawira, M.A.

Keputusan ini merujuk pada Surat Keputusan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar Nomor 086 tahun 2024. Kemudian untuk 9 Dhulhijjah 1445 H jatuh hari Sabtu, 15 Juni 2024 (Puasa sunnah 'Arafah).

"11 Dhulhijjah 1445 H = Senin, 17 Juni 2024 (Pemotongan Hewan Qurban di MAA)," tertulis dalam keterangan akun.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Masjid Al-Azhar, Tatang membenarkan adanya pelaksanaan salat di Masjid Al-Azhar. Nantinya salat akan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Jamaah yang akan melaksanakan salat diprediksi mencapai 12.000.

“Baik, terimakasih kami dari pengurus Al-Azhar atas musyawarah tentunya persetujuan dan rekomendasi dari pengurus masjid bahwa kami untuk salat Idul Adha tahun ini merujuk kepada wukuf di Arafah. Sekarang sedang wukuf di Arafah maka kami mengikuti pelaksanaan wukuf di Arafah dan besok sudah jatuh tanggal 9 Dzulhijjah untuk kaum muslimin,” ujar Tatang, kepada wartawan, pada Sabtu (15/6).

Lebih lanjut Tatang mengungkapkan dengan pelaksanaan salat lebih awal ini tentunya tidak dijadikan satu hal yang menjadi pembeda atau pemisah, tapi jadikan ini sebagai suatu kebersamaan. Sementara itu nantinya pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juni 2024 sekitar pukul 08:00 WIB.

“Kami sekarang sudah mempersiapkan secara fisik, lapangan sudah kita garis, area halaman masjid sudah kita bersihkan,” kata Tatang.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement