Mobile Ad
Bill Gates: AI Akan Mengubah Hidup Kita 5 Tahun Lagi

Selasa, 23 Jan 2024

FTNews - Sebuah penelitian dari International Monetary Fund mengatakan bahwa manusia berpotensi kehilangan sebanyak 40 persen lapangan pekerjaannya karena artificial intelligence (AI). Tentu hal ini merupakan sesuatu yang menakutkan bagi manusia yang pada dasarnya butuh pekerjaan untuk memenuhi kehidupannya.

Sang pendiri perangkat lunak Microsoft, Bill Gates, juga sependapat dengan kondisi ini. Namun, ia percaya berdasarkan sejarah bahwa keadaan ini juga akan membukakan lapangan pekerjaan yang baru.

“Seperti yang kita alami saat produktivitas pertanian pada tahun 1900, orang-orang berpikir 'Hei, apa yang akan dilakukan orang-orang?' Faktanya, banyak hal baru, banyak kategori pekerjaan baru diciptakan dan keadaan kita jauh lebih baik.” ungkap Bill Gates saat wawancara bersama CNN.

Ilustrasi AI. Foto: canva

Ia mengatakan bahwa teknologi akan menjadi transformatif untuk semua orang dalam kurun waktu lima tahun. Bill Gates juga mengatakan dengan berkembangnya ChatGPT-4 yang dapat “membaca dan menulis”. Ia menganggap bahwa ini seperti memiliki pekerja kerah putih menjadi untuk membimbing kita, memberi tips kesehatan, dan lain sebagainya.

Bill Gates juga menganggap penggunaan teknologi di dalam bidang edukasi dan kesehatan akan menjadi sangat “fantastis”.

IMF mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan yang sangat pesimistik dalam hal ini. Pasalnya, AI akan membuat kesenjangan sosial lebih meluas jika tidak ada intervensi dari para politisi.

Saat ini, Bill Gates memang sudah bukan bagian dari Microsoft lagi, akan tetapi ia tetap menjadi pemegang saham terbanyak Microsoft. Saat ini, Microsoft juga berinvestasi dan bekerja sama kepada OpenAI untuk mengembangkan AI.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement