Mobile Ad
Bisa Menyesesal, Hindari Berbagai Cedera Pemain Sepak Bola Ini

Senin, 01 Jul 2024

FTNews - Kalian harus hindari berbagai cedera pemain sepak bola yang sangat mengerikan. Bahkan hal ini dapat membuat kalian menyesal jika sudah mendapatkannya.

Cedera merupakan salah hal yang sangat atlet hindari, namun insiden ini dapat terjadi sewaktu-waktu. Karena pertandingan yang keras dapat menimbulkan kejadian yang tidak terduga seperti duel yang berakhir dengan cedera.

Namun apa kalian tahu berbagai cedera yang sering menjumpai pemain sepak bola. Simak berikut ini, berbagai cedera yang datang dalam pertandingan sepak bola.

Cedera Tendon


Ilustrasi cedera kaki. (Foto: Freepik)

Salah satu cedera yang kerap terjadi pada pemain sepak bola yakni cedera tendon. Cedera ini terjadi pada bagian fibrosa yang merupakan penghubungan jaringan dengan otot tulang.

Biasanya pemain bola mengalami hal ini karena mereka terjatuh dengan keras terkena lutut. Ataupun ketika melakukan lompat tinggi dan mendarat dalam keadaan tidak benar. Sehingga biasanya baik bagian tendon bagian lutut atau pergelangan kaki menjadi sasarannya.

Dislokasi


Ilustrasi cedera bahu. (Foto: Freepik)

Cedera ini biasanya terjadi kepada penjaga gawang, hal ini karena mereka mengalami benturan dengan pemain lain. Ataupun mereka menndarat dalam keadaan tidak tepat, sehingga mendapatkan cedera.

Dislokasi merupakan keadaan saat pemain berada dalam keadaan sendir berada pada tempat yang bukan seharusnya. Biasanya mereka yang mengalami hal ini akan sulit dalam bergerak dan mengalami nyeri yang cukup parah.

Cedera Ligamen


Cedera ACL. (Foto: Freepik)

Salah satu cedera yang sangat pemain bola hindari dan takutkan adalah anterior cruciate ligaments (ACL). Cedera ini terjadi ketika pemain mengalami gerakan yang cepat atau terbentur, sehingga otot ligamen akan mengalami robek yang berada pada bagian penahan lutut.

Mereka yang mengalami ini akan berlibur panjang, sebab masa penyembuhan dari cedera ini terbilang lama. Sekiranya mereka harus beristirahat selama enam bulan, bahkan bisa bertahun-tahun jika mengalami cedera yang sangat parah.

Cedera Kepala


Pemain timnas Indonesia, Witan Sulaeman saat cedera kepala. (Foto: Instagram/Witan)

Selain itu cedera kepala juga menjadi salah satu hal yang sering terjadi kepada pemain bola. Biasanya mereka mendapatkan cedera kepala karena benturan saat melompat di udara untuk berduel bola atas.

Bahkan mereka yang menerima ini dapat mengalami geger otak yang berdampak kepada ingatan. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan bisa mengalami kelumpuhan sistem indra terutama pada pengelihatan dan memori untuk berpikir.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement