Mobile Ad
Bisa Renggut Nyawa! Ini Bahaya Serangan Jantung Saat Olahraga

Senin, 01 Jul 2024

FTNews - Takdir selalu bisa berkata lain, bahaya serangan jantung saat olahraga pun bisa menjadi akhir langkah mereka. Penyakit ini cukup berbahaya karena sudah memberikan berbagai kasus yang menimbulkan korban, terutama saat berolahraga.

Namun, apakah kalian tahu bahaya yang terjadi ketika serangan jantung ini menyerang. Serta seperti apa dampak yang akan mereka alami bagi korban yang mengidapnya. Simak berikut ini.

Serangan jantung merupakan, ketika aliran darah terhambat mengalir ke otot jantung. Hal ini biasanya terjadi karena jantung koroner yang merupakan keadaan jantung mengalami penyumbatan akibat kolesterol yang mengisi dinding jantung.

Gejala Serangan Jantung


penyebab serangan jantung Ilustrasi Serangan Jantung. Foto: The Independent

Pengidap yang mengalami serangan jantung akan mengalami berbagai dampak yang ada. Biasanya mereka akan merasakan sesak pada nafasnya, mual, pusing, keringat dingin hingga muntah.

Bahkan jika sudah parah, biasanya mereka tidak melewati fase tersebut dan langsung mengalami henti detak jantung mendadak. Hal seperti ini yang cukup parah dan berbahaya jika terjadi. Karena mereka akan terjatuh tiba-tiba dan tidak sadarkan diri, kejadian seperti ini harus mendapatkan penanganan khusus yang cepat.

Penyebab Serangan Jantung Saat Olahraga


Ilustrasi serangan jantung saat olahraga. (Foto: Freepik)

Kasus seperti ini juga kerap kali terjadi kepada mereka yang sedang melakukan olahraga. Mereka yang mengalami serangan jantung ini karena beberapa dampak yang terjadi. Faktor pertama yakni, karena sudah mengidap jantung koroner sehingga memiliki ancaman yang besar jika melakukan olahraga berat.

Penyakit jantung bawaan juga bisa menyerang dengan mudah kepada mereka saat melakukan aktivitas yang keras. Selain itu, dehidrasi menjadi salah satu penyebab serangan jantung. Hal tersebut karena jantung akan mengalami peningkatan tekanan, akibat cairan yang merera terima kurang.

Sehingga dari kejadian itu membuat jantung terus memompa dan tidak stabil yang mengakibatkan henti jantung mendadak. Dari hal ini menjadi catatan bagi kalian yang memiliki riwayat jantung ataupun sudah menjadi pengidap harus memperhatikan olahraga yang kalian pilih. Mulai dari jalan kecil, lari ringan hingga berenang yang mempertimbangkan kemampuan tubuh.

Pengobatan Serangan Jantung


Ilustrasi membakar kalori tubuh. (Foto: Freepik)

Serangan jantung ini dapat kalian atasi dengan berbagai hal yang ada. Mulai dari dengan merubah pola hidup sehat. Kalian dapat mengkonsumsi makanan rendah lemak dan memiliki serat yang tinggi.

Selain itu juga berolahraga yang rutin agar menjaga berat badan yang ideal kalian perlu perhatikan. Hal ini agar menurunkan lemak pada tubuh yang memiliki dampak yang berbahaya. Hindari meminum alkohol dan merokok agar menjaga keadaan jantung tetap sehat dan berisitirahat dengan baik.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement