Mobile Ad
BMKG Minta Warga Kampar Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Malam Hari

Senin, 29 Jan 2024

FTNews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru meminta Warga di Kampar untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir hingga angin kencang di malam hari, Senin (29/1).

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar terutama pada malam hari," kata Prakirawati BMKG Pekanbaru Putri SS, Senin (29/1).

Selain di Kampar, sejumlah wilayah lain di Riau juga akan diguyur hujan tapi dengan intensitas ringan hingga sedang yang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar dan Kuantan Singingi.

Namun hujan tersebut diprediksi hanya terjadi pada malam hari, sedangkan untuk pagi hingga sore hari tidak berpotensi hujan. Sementara itu, untuk suhu udara berada di kisaran 23 hingga 32.0 °Celcius dengan kelembapan udara 60 – 98 persen, angin bertiup dari Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan 10 hingga 30 kilometer per jam.

Sedangkan ketinggian gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5 hingga 1,25 meter atau masuk dalam kategori rendah.

"Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian dua meter di wilayah Perairan Bintan," imbaunya lagi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bakal memperpanjang status siaga darurat banjir tingkat provinsi Riau. Sebab hingga saat ini sejumlah wilayah di Riau masih dilanda banjir. Meski dibeberapa daerah sudah mulai surut.

"Iya, tanggal 31 Januari ini status siaga banjir Riau harusnya berakhir, tapi kalau kita melihat situasi yang terjadi saat ini, sepertinya akan kita perpanjang," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Sabtu (27/1/2024).

Edi mengatakan sejumlah wilayah di Riau masih melanda sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Bahkan ada beberapa daerah yang justru mengalami kenaikan debit airnya. Diantaranya di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu (Rohul).

"Di Kampar Kiri, lipat kain, buluh cina, rantau kasih, gunung Sahilan itu naik airnya, karena ada pembukaan pintu PLTA. Selain itu di Rohul juga naik," katanya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement