Mobile Ad
Eks Presiden ACT Belum Ditanya Soal Aliran Dana

Sabtu, 09 Jul 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin mengaku belum diperiksa lebih lanjut mengenai masalah keuangan yang menyeret lembaga filantropi tersebut.

Ia menyerahkan sepenuhnya proses hukum tersebut kepada pihak kepolisian.

"Belum, belum sampai ke situ (masalah keuangan). Belum dibahas," ujar Ahyudin dalam keterangannya, Sabtu (9/7).

Dalam pemeriksaan selama 12 jam dari pukul 10.30 WIB hingga pukul 23.30 WIB itu, penyidik belum menanyakan soal aliran dana untuk kepentingan aktivitas terlarang dan juga disalahgunakan oleh beberapa pengurus dan petinggi ACT.

"Belum sampai kesitu pertanyaannya," ucap Ahyudin.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa pemeriksaan masih akan dilanjutkan pekan depan.

"InsyaAllah kami lanjutkan hari Senin yang akan datang. Kalau enggak salah hari ini ada 22 pertanyaan," kata Ahyudin kepada wartawan usai diperiksa penyidik di tingkat penyelidikan.

Sebelumnya diketahui, sejumlah petinggi ACT diduga menyelewengkan dana donasi. Uang donasi yang disalurkan ACT tidak sesuai dengan jumlah yang digalang.

Uang itu mengalir ke segala arus, termasuk ke dompet para petinggi.

PPATK sebagai lembaga intelijen keuangan negara juga mengatakan ada masalah keuangan di lembaga itu. Beberapa diantaranya bahkan diduga terkait masalah terorisme.

Terkait hal ini, ACT mengakui pihaknya mengambil lebih dari 12,5 persen donasi sebagai dana operasional lembaga. Padahal, berdasarkan Fatwa MUI No. 8 Tahun 2011, amil zakat hanya boleh menerima 1/8 atau sekitar 12,5 persen dari hasil yang diterima.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement