Mobile Ad
Google Akan Luncurkan Metode Baru Untuk “Searching”

Jumat, 19 Jan 2024

FTNews - Google adalah search engine terbesar di dunia untuk saat ini. Untuk memudahkan akses dan meningkatkan user experience, Google ciptakan metode baru untuk melakukan pencarian.

Saat ini, fitur yang sudah ada di Google adalah melakukan pencarian dengan suara atau dengan foto. Kali ini, Google akan menggunakan metode dengan cara membulati, menyoroti atau mencoret-coret.

Fitur ini baru tersedia untuk gawai Android. Kita akan dapat melakukan pencarian dengan cara membuat gestur simpel seperti melingkari, menyoroti, mencoret-coret, ataupun menyentuh objek yang ingin kita cari.

Jadi, ketika menemukan sesuatu yang menarik perhatian, kita tidak perlu berpindah aplikasi atau browser untuk melihat informasi tersebut. Hanya cukup melingkari objek atau kata-kata yang ingin kita cari.

Fitur Circle to Search akan hanya terdapat di beberapa smartphone Android pilihan seperti Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan Samsung Galaxy S24. Google juga mengumumkan mereka akan meluncurkan fitur ini pada tanggal 31 Januari.

Bantuan AI


Selain itu, Google juga sedang mengoptimalkan bantuan Artificial Intelligence (AI) dalam melakukan pencarian. Seperti ketika menggunakan Google Lens atau melakukan pencarian di Google, AI akan membantu tidak hanya sekadar kesamaan secara visual.

AI akan membantu pencarian yang lebih rumit dan bernuansa agar dapat memahami dengan cepat informasi kuncinya.

“Sebagai contoh, jika anda melihat permainan papan yang tidak ada instruksinya, hal yang pertama kali terpikiran adalah bagaimana cara bermainnya? Hanya dengan memfoto papan permainan tersebut dan tambah pertanyaan ‘bagaimana cara bermain ini?’, dan anda akan mendapatkan jawaban dengan bantuan AI untuk mencari informasi yang paling relevan,” tulis Elizabeth Reid, VP Engineering dari Google.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement