Mobile Ad
Gunung Marapi di Kabupaten Agam Sumbar Meletus Lagi

Minggu, 14 Jan 2024

FTNews - Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali meletus pagi ini, Minggu (14/1) sekitar pukul 06.21 WIB.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), kolom letusan teramati kurang lebih 1.300 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi G. Marapi pada hari Minggu, 14 Januari 2024, pukul 06:21 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 1300 m di atas puncak (± 4191 m di atas permukaan laut),”kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi, Teguh Purnomo dalam keterangan resminya.

Teguh melaporkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut.

Dalam kondisi ini, ia meminta masyarakat di sekitar Gunung Marapi agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).
Selain itu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran, bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi, agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar. Yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.


Apabila terjadi hujan abu, Teguh mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA).


Serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit akibat letusan tersebut.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement