Mobile Ad
Harus Fit! Petugas KPPS Wajib Lakukan Ini saat Pemungutan Suara

Kamis, 08 Feb 2024

FTNews - Pemungutan suara tinggal menghitung hari. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga perlu menjaga kesehatan saat bertugas.

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Ngabila Salama mengungkapkan sejumlah hal yang perlu KPPS lakukan di tempat pemungutan suara.

"Tidak merokok selama di tempat pemungutan suara. Menerapkan etika batuk dan bersin. Hindari minuman berenergi dan beralkohol," kata Ngabila di Jakarta, Kamis (8/2).

Selain itu perlu pula menghindari kerumunan di lokasi pemungutan suara. Menjaga kebersihan tempat pemungutan suara.

"Bila bergejala flu atau batuk wajib memakai masker. Jangan lupa makan makanan gizi seimbang," ucapnya.

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari, Jakarta ini juga mengingatkan KPPS untuk menerapkan 'Cerdik' dan 'Ceria'.

Peristiwa kelam saat Pemilu 2019 jangan sampai terulang lagi. Tahun itu 894 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit.

Faktor pemicunya antara lain kekelahan hingga penyakit penyerta atau komorbid. Saat itu petugas pemilu yang meninggal terbanyak di Jawa Barat.

Berkaca dari peristiwa itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan serangkaian pemeriksaan sejak dini bagi KPPS di Pemilu 2024. Upayanya antara lain menggandeng dinas kesehatan setempat.

Ngabila Salama mengatakan, KPPS harus cukup makan, minum, istirahat dan tidak stres.

"Cukup minum 2-3 liter per hari agar tidak dehidrasi. Jangan menunggu haus," katanya.

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Ngabila Salama. Foto: Ngabila Salama

Cerdik dan Ceria


Upayakan tidur cukup 7-8 jam. Tujuannya agar tidak burnout dan kelelahan. Jaga imunitas dengan konsep Cerdik dan Ceria.

Ngabila menjelaskan, Cerdik dengan rutin mengecek kesehatan, enyahkan asap rokok. Lalu rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stres.

Sedangkan Ceria yakni cerdas intelektual, emosional dan spiritual. Empati dalam berkomunikasi efektif, rajin beribadah. Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan dan asah asih asuh dalam keluarga dan masyarakat.

"Perhatikan juga gizi seimbang, sesuai isi piringku. Gizi seimbang banyak antioksidan atau vitamin, mineral dengan sayur dan buah. Semakin berwarna-warni semakin bagus," imbuhnya.

Ingat pula untuk mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak. Untuk dewasa gula maksimal empat sendok makan per hari. Garam 1 sendok makan per hari.

Lalu minyak lima sendok makan per hari. Sudah termasuk tumisan, cemilan dan minyak untuk mengoreng. Konsumsi sayur dan buah lima porsi sehari.

"Jangan main HP dan menatap screen berlebihan agar rileks dan bisa tidur dengan cepat," ucapnya.

Dalam Pemilu 2024, terdapat 5,7 juta petugas KPPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Komisi Pemilihan Umum mencatat jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 mencapai 823.220 titik. Terdiri dari 820.161 TPS di dalam negeri dan 3.509 TPS di luar negeri.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement