Mobile Ad
Hore! Per 1 Juni Refund Tiket KAI Bakal Diproses 7 Hari

Kamis, 30 Mei 2024

FTNews-  PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal menetapkan kebijakan baru mengenai waktu pengembalian dana (refund) tiket KAI antarkota mulai 1 Juni 2024.

Vice President (VP) Public Relations PT KAI, Joni Martinus menjelaskan, proses refund tiket akan memakan waktu 7 hari kerja. Sedangkan sebelumnya menghabiskan 30-45 hari.

"Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik. Dan memuaskan bagi para penumpang setianya," ujar Joni dalam keterangannya, Rabu (29/5).

Ia menambahkan, bahwa proses pengambilan dana tersebut tersedia dengan beberapa metode.

" Dana bisa refund melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang. Ini agar memberikan kemudahan dan kecepatan bagi penumpang yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital,"paparnya.

Bagi penumpang yang belum memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI juga menawarkan solusi sementara berupa pengembalian dana secara tunai.

Pengembalian tunai ini, lanjut Joni, juga dapat berlangsung di stasiun-stasiun tertentu yang telah KAI tetapkan.

Refund KA Perkotaan


Selain itu, KAI juga mengatur pengembalian dana untuk KA Perkotaan yang dikelola oleh KAI induk (bukan anak perusahaan). Pengembalian dana berlangsung secara tunai pada 7 hari setelah tanggal pembatalan.

"Langkah ini untuk memastikan bahwa semua penumpang, baik pengguna KA Antar Kota maupun KA Perkotaan, mendapatkan layanan yang cepat dan efisien,"imbuh Joni.

Sementara itu, proses pembatalan tiket dapat melaui  aplikasi Access by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket. Dengan biaya administrasi sebesar 25 persen per tiket.

Penumpang dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan KA. Atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA.

"Langkah ini juga semoga dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI. Serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka,"pungkas Joni.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement