Mobile Ad
Ini Sederet Bahaya Minum Kopi Saat Cuaca Panas

Senin, 24 Jun 2024

FTNews - Cuaca panas membuat kita ingin mengonsumsi minuman untuk menyegarkan mulut. Salah satu yang menjadi pilihan adalah es kopi gula aren. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui bahaya minum kopi saat cuaca panas. 

Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan alami yang terkandung dalam tanaman teh, kopi, dan kakao. Kafein berfungsi dengan menjaga otak dan sistem saraf pusat tetap aktif, membantu tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan.

Setelah mengonsumsi kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah dari usus. Lalu, menuju ke hati di mana ia dipecah menjadi senyawa-senyawa, sehingga berdampak pada fungsi berbagai organ. 

Mengonsumsi kopi sesekali mungkin tidak berbahaya, tetapi kamu harus memperhatikan asupan kafein ketika musim panas.

Bahaya Minum Kopi Ilustrasi dehidrasi. Foto: Freepik

Bahaya Minum Kopi Saat Cuaca Panas


1. Dehidrasi


Kafein dalam kopi memiliki sifat diuretik yang memicu peningkatan produksi urin dari dalam tubuh. Senyawa ini juga menipu tubuh untuk tidak haus, padahal sebaliknya. Tubuh membutuhkan cairan.

Bagi beberapa orang yang sensitif, kafein dapat membuat sembelit, kembung, diare, sindrom iritasi usus besar.

2. Meningkatkan Tekanan Darah


Bahaya minum kopi selanjutnya adalah meningkatkan tekanan darah. Di musim panas, konsumsi kafein dapat memberikan tekanan tambahan pada sistem kardiovaskular dan menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah kesehatan lainnya.

3. Mudah Tersinggung


Studi yang berjudul “Neuropsychiatric effects of caffeine” pada 2005 menunjukkan bagaimana konsumsi kafein berlebih dapat memicu kondisi kejiwaan seperti gangguan kecemasan, gejala psikotik, atau masalah tidur.

Bahaya Minum Kopi Insomnia. Foto: Freepik

4. Memicu Kelelahan


Konsumsi kafein dapat mengganggu pengaturan suhu tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan panas seperti kelelahan akibat panas. Hal ini membuat bahaya minum kopi saat cuaca panas tak terelakan.

5. Pola Tidur Buruk


Musim panas juga memicu peningkatan suhu tubuh yang memicu sulit tidur yang disebabkan suhu ruangan meningkat. Mengonsumi kafein sebelum tidur akan memperburuk masalah tidur dan membuat tubuh lemas keesokan harinya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika mengungkapkan batas konsumsi kafein pada orang dewasa sebanyak 400 miligram. Apabila dikonsumsi hingga 1200 mg kafein dapat menunjukkan efek toksik.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement