Mobile Ad
Jelang Pemilu, Kepala BIN di Pulau Jawa Diganti

Rabu, 29 Jun 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Kepala BIN Daerah (Kabinda) di Pulau Jawa diganti menjelang Pemilu 2024. Mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Rotasi jabatan itu tertuang dalam surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat diteken 27 Juni oleh Kepala Setum TNI atas nama Panglima.

"Iya benar," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Brigjen Pranata Santosa saat dihubungi, Rabu (29/6).

Kabinda DKI Jakarta bakal dijabat Brigjen Rifky Nawawi. Dia menggantikan Brigjen Purwito Hadi Wardhono.

Kemudian, Kabinda Jawa Timur Masma TNI Rudy Iskandar digantikan Kolonel Inf Fahmi Sudirman. Kabinda Jawa Barat yang semula dijabat Brigjen Dedy Agus Purwanto diisi oleh Brigjen Ruddy Presemilsa.

Lalu Kabinda Jawa Tengah Brigjen Sondi Siswanto digantikan Brigjen Sulaiman. Sulaiman sebelumnya menjabat sebagai Kabinda Kalimantan Utara.
Kabinda Daerah Lain

Panglima TNI menempatkan Brigjen Vincentius Satiawan Bayu yang sebelumnya bertugas di Papua Barat kini menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Badan Intelijen Dalam Negeri BIN. Posisi Vincentius akan digantikan oleh Kolonel Inf Tahan Sopian Parulian Silaban.

Kemudian, Kabinda Maluku Utara Laksma TNI Imam Sopingi juga digantikan oleh Kolonel Inf Baenny Bintoro. Panglima TNI juga mengganti Kabinda Kalimantan Timur Brigjen Danni Koswara. Dia digantikan Brigjen Hardani Lukitanta Adi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Maluku dan Papua pada Deputi bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Selanjutnya, Kabinda Kalimantan Utara akan digantikan oleh Kolonel Sus Aminul Hakim dari Kasubdit Sumatera Wilayah I pada Direktorat Sumatera dan Kalimantan Deputi bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Selain itu, Kabinda Riau juga bergeser dari yang semula dijabat oleh Amino Setya Budi kini ditugaskan kepada Kolonel Arh R Wibisono Hendroyoso.

Lalu, Kabinda Sulawesi Tengah yang semula dijabat oleh Brigjen Andi Chandra As'aduddin kini ditugaskan kepada Kolonel Inf Arman Dahlan.

Selain Kabinda, sejumlah pejabat utama di lingkungan BIN juga dirotasi oleh Andika. Misalnya, Deputi V bidang Intelijen Teknologi BIN Mayjen Ruruh A Setyawibawa yang kini ditugaskan sebagai Pangdam XVI/Ptm.

Direktur Rekayasa pada Deputi bidang Intelijen Teknologi Brigjen I Gusti Agung A Winatha juga digantikan oleh Kolonel Cpm Andri Gunawan. Agung akan ditugaskan sebagai Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Kontra Separatisme dan Konflik Deputi bidang Kontra Intelijen BIN.

Panglima juga merotasi pejabat yang bertugas di luar lingkungan militer. Direktur Penindakan pada Jaksa Agung Muda Pidana Militer Kejagung Brigjen Edy Imran yang nantinya akan digantikan oleh Brigjen Kiswari. Edy Imran diganti dalam rangka pensiun.

Dalam SK tersebut, total ada 180 perwira TNI yang mengalami mutasi.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement