Mobile Ad
Kapolda Metro Minta Jajaran Intelkam Perkuat Kantibmas di Jakarta

Minggu, 30 Okt 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, memberikan arahan kepada 550 personel Dit Intelkam. Hal ini untuk memperkuat fungsinya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah DKI Jakarta.
Hal itu diungkapkan Fadil saat memberikan arahan di Polda Metro Jaya, pada Sabtu (29/10).

"Kegiatan kita harus humanis jika ada kelompok begal atau tawuran. Kita harus masuk kedalam untuk menjadi sosok yang melindungi, mengayomi, dan melayani," kata Fadil.

Ia mengatakan Dit Intelkam harus dapat menjaga kesejukan Jakarta dalam mengantisipasi, melakukan kontrol, dan mampu melakukan pengamanan, bagaimana kita mampu mengelola akar masalahnya.


"Intelijen bekerja diawali, diikuti, dan mengakhiri hanya Intel yang memiliki fungsi itu," ucap Fadil.

Sementara itu, ia mengatakan hal ini dilakukan untuk perbaikan kedepan dan melanjutkan beberapa arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo mengenai tanggung jawab polri, Kapolri, serta Mabes Polri.

"Saya ibaratkan tugas kepolisian ini seperti sebuah pohon dan Intelijen itu menjadi akarnya jika akarnya kuat maka pohon itu kuat, dan jika kita kaitkan kepada Intelijen maka akar ini sebagai mata dan telinga institusi Polri, apa yang terjadi di tengah masyarakat," ucap Fadil.


Kemudian ia mengatakan Dit Intelkam Kepolisian memegang peranan penting dalam mendeteksi dini gangguan keamanan. Intelijen yang kuat mampu melaksanakan fungsi pencegahan sebelum terjadinya insiden yang tidak diinginkan.

"Intelijen merupakan fungsi untuk mengantisipasi, mendeteksi dan untuk mengidentifikasi ancaman yang akan datang, preventif strike akan berfungsi untuk memonitor apa yang terjadi," ujar Fadil.

Terkait hal ini ia berpesan agar para personel selalu melandasi tugas dengan keikhlasan. Hal ini agar menjadi ladang ibadah bagi personel itu sendiri dalam mengabdi kepada masyarakat.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement