Mobile Ad
Kenali Lebih Dalam Fitur Google Photos, Lengkap Banget

Kamis, 20 Jun 2024

FTNews - Google memberikan banyak layanan untuk memudahkan pengguna dalam berbagai aktivitas. Salah satu layanan yang sangat berguna adalah Google Photos yang memberikan banyak fitur menarik. Lalu, apa saja fitur Google Photos yang dapat digunakan?

Google Photos memiliki banyak fungsi yang membantu kamu dalam organisasi media, pengeditan foto dan video, pencadangan cloud, dan fitur lainnya.

Aplikasi ini sudah terinstall secara otomatis dalam beberapa perangkat android. Bila belu, kamu dapat mengunduhnya pada Google Play. sementara, bagi perangkat Apple dapat mengunduhnya melalui App Store. Selain itu dapat diakses melalui photos.google.com. Berikut ini fitur deretan fitur Google Photos yang sangat berguna.

Backup Foto dan Video


Apabila kondisi memori perangkat sudah hampir habis, kamu bisa menggunakan fitur backup, berikut ini langkahnya:

fitur Google Photos Foto: Android Police

  1. Buka aplikasi Google Foto.

  2. Ketuk gambar profil.

  3. Ketuk Pengaturan Foto.

  4. Di menu Pengaturan, ketuk Cadangan.

  5. Aktifkan tombol Cadangan.

  6. Kamu dapat memeriksa penyimpanan akun Google, mengelolanya, dan mengubah kualitas cadangan.

  7. Ketuk Kualitas cadangan.

  8. Pilih kualitas gambar untuk unggahan foto.


Fitur Google Photos Edit Foto AI


Google terus menyempurnakan dan menambahkan fitur pengeditan foto yang lebih canggih.

Fitur Google Photos Foto: Android Police

Kamu bisa menggunakan fitur rekomendasi AI untuk memotong, mengaburkan potret, penghapus ajaib, fokus warna, menyesuaikan kecerahan, kontras, dan high definition resolution atau HDR. Lalu, mengatur titik putih, bayangan, saturasi, serta menerapkan filter agar foto siap diunggah dalam Instagram.

Membuat kolase. Foto; Android Police

Fitur Google Photos lainnya, kamu dapat kolase, animasi, dan film dari menu Library > Utilities.

Edit Video


Google Photos juga dapat digunakan untuk mengedit video. Meski demikian, fitur ini tidak seperti aplikasi edit video secara umum. Kamu hanya dapat menyeleksi footage, potong, dan beberapa penyesuaian, seperti kontras.

Berbagi Foto


Kamu juga dapat membuat album berisi foto favorit dan mengundang orang lain untuk berkolaborasi. Ini menjadi Fitur Google Photos yang sangat berguna. Fitur ini juga memungkinkan memulai percakapan di album dengan memberikan respon suka dan komentar, mematikan berbagi tautan untuk privasi, dan diberi tahu tentang aktivitas baru di album bersama.

fitur Google Photos Membuat folder bersama. Foto: Android Police

Caranya: Klik menu Berbagi > Buat Album Bersama. Lalu, beri judul, tambahkan foto secara manual. Fitur Google Photos untuk membagikan tautan kepada orang terdekat dengan cara klik Berbagi > Bagikan dengan partner. Lalu, pilih akun yang dapat membuka folder tersebut. Saat mendapatkan undangan, maka mereka dapat melihat dan menyimpan gambar di folder yang sama.

fitur Google Photos Undang partner dalam folder. Foto: Android police

Sembunyikan Media Sensitif


Google Photos juga memungkinkan membuat folder yang terkunci untuk menjaga foto dan video pribadi. Caranya: Buka Perpustakaan > Utilitas dan atur Folder Terkunci di bawah menu Atur Perpustakaan. Namun, aplikasi ini tidak mencadangkan file media di Folder Terkunci, sehingga kamu tidak dapat mengaksesnya di perangkat lain. Jika Anda uninstall aplikasi, maka Google Foto akan menghapus konten di Folder Terkunci.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement