Mobile Ad
Lakukan Tips Ini Biar Kamu Terhindar dari Kanker

Selasa, 06 Feb 2024

FTNews - Raja Charles III dari Inggris dikabarkan mengidap kanker. Kabar tersebut muncul setelah Charles melakukan prosedur pengobatan pembesaran prostat jinak beberapa waktu lalu.

Mengutip pernyataan resmi dari Istana Buckingham, Selasa (6/2), selama prosedur tersebut pihak dokter telah menemukan masalah lain yang menjadi perhatian khusus. Dan berdasarkan hasil tes diagnostik, terdapat suatu bentuk kanker dalam tubuh Charles.

Meskipun tidak ada jaminan mutlak untuk mencegahnya, terdapat berbagai langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker. Mengutip sejumlah sumber, berikut adalah tipsnya:

Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat adalah kunci penting untuk mencegah kanker. Ini meliputi menjaga pola makan seimbang dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein sehat, serta menghindari makanan olahan dan berlemak tinggi. Hindari konsumsi alkohol berlebihan, hindari merokok, dan hindari penggunaan obat-obatan terlarang.

Ilustrasi Pakaian Olahraga saat Musim Hujan atau Musim Dingin. (Foto: Freepik)
Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit setiap minggu, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang. Aktivitas fisik teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menghindari Paparan Zat Berbahaya

Hindari paparan terhadap zat-zat berbahaya yang dapat meningkatkan risiko kanker, seperti asap rokok, radiasi ultraviolet (sinar matahari), bahan kimia berbahaya, dan polusi udara.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining kanker dapat membantu mendeteksi penyakit ini pada tahap awal. Ikuti jadwal skrining yang disarankan untuk jenis kanker tertentu sesuai dengan panduan medis.

Dokter Ilustrasi Dokter. (Foto:Freepik)

Mengelola Stres

Stres yang tidak terkendali dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker. Cari cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau berbicara dengan teman atau profesional kesehatan mental.

(Freepik)

Menjaga Berat Badan Sehat

Menjaga berat badan yang sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti payudara, usus besar, dan rahim.

(Freepik)

Pemakaian Tabir Surya

Gunakan perlindungan seperti tabir surya saat berada di bawah sinar matahari, gunakan alat pelindung diri saat bekerja dengan bahan-bahan berbahaya, dan hindari paparan asap rokok pasif.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement