Mobile Ad
Langkah Pemprov DKI Jakarta Jamin Pemilu Aman Cegah Kecurangan

Senin, 29 Jan 2024

FTNews - Pemilihan umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun menyiapkan sejumlah fasilitas untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara aman.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan penyediaan fasilitas ini untuk menjaga keberlangsungan Pemilu 2024.

"Kita akan memasuki tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 dalam 15 hari lagi. Penting untuk memahami bahwa proses pemilihan ini adalah upaya bersama dalam menjaga keberlangsungan proses demokrasi," kata Heru Budi, di Jakarta, Senin (29/1).

Terkait hal itu, Pemprov DKI Jakarta menyediakan gedung sekretariat bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lalu kantor sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/kecamatan.

Selanjutnya gudang logistik dan tempat rekapitulasi suara, jaringan internet di 44 tempat rekapitulasi suara. Serta dukungan tenaga pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dan distribusi logistik.

Heru Budi menyebutkan nantinya tenaga keamanan akan mereka tempatkan di titik-titik strategis. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah potensi gangguan atau ancaman lainnya di TPS. Mencegah kondisi yang dapat mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Upaya optimalisasi pengamanan menjadi penting untuk memastikan bahwa setiap suara dihitung secara adil dan akurat," ungkap Budi.

Di samping itu, upaya ini untuk mencegah potensi kecurangan maupun gangguan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Jakarta.

Antisipasi Kelelahan Petugas


Selain itu pihaknya juga akan melibatkan tenaga kesehatan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara untuk mengantisipasi adanya petugas yang kelelahan.

Heru Budi juga mengimbau kepada semua pihak yakni KPU, Bawaslu, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, serta instansi terkait lainnya untuk terus berkoordinasi guna memastikan semua tahapan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Dengan pertemuan ini, semakin mematangkan persiapan kita dalam mendeteksi dan mengantisipasi segala kemungkinan ancaman maupun tantangan selama proses pemungutan dan penghitungan suara. Bersama kita perkuat sinergi untuk menyukseskan Pemilu 2024 sebagai bentuk komitmen mewujudkan Sukses Jakarta untuk Indonesia," tutup Heru Budi.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement