Mobile Ad
Manfaat Minum Jus Buah Bagi Anak: Kurangi Risiko Obesitas

Selasa, 30 Apr 2024

FTNews - Penelitian terbaru menyebut mengonsumsi makanan sehat sejak kecill berdampak jangka panjang. Salah satu makanan sehat adalah jus buah. Ternyata, manfaat minum jus buah bagi anak bisa mengurangi risiko obesitas ketika dewasa.

Penelitian dilakukan oleh Swansea University terhadap 14.000 anak-anak Inggris. Mereka mengamati anak dari lahir hingga dewasa dan diyakini sebagai penelitian terpanjang.

Hasilnya anak yang mengonsumsi soda dan gula tambahan sejak sebelum dua tahun, berisiko mengalami kenaikan berat badan lebih banyak saat berusia 24 tahun.

"Obesitas adalah masalah kesehatan yang serius, yang meningkatkan risiko berbagai kondisi lainnya. Penelitian kami menunjukkan bahwa penyebab obesitas pada orang dewasa dimulai pada masa kanak-kanak dan jika kita ingin mengendalikannya, perlu lebih banyak perhatian pada hal ini." Ujar Dr Hayley Young, salah satu peneliti, dikutip The Mirror.

Penelitian ini diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti juga menganalisis hubungan pilihan minuman dan makanan pada anak.

Khusunya, anak yang minum jus apel murni dan makan banyak ikan, buah, sayuran hijau, dan salad. Dibanding, anak minum cola dengan makan burger, sosis, pizza, kentang goreng, daging, coklat, dan permen.

Manfaat minum jus buah bagi anak juga dapat membentuk pola makan hingga dewasa, dibanding yang minum soda.

"Pola makan sejak dini membentuk pola makan yang memengaruhi, sepanjang hidup, apakah berat badan bertambah. Tantangan pentingnya adalah memastikan bahwa seorang anak mengembangkan kebiasaan makan yang baik: kebiasaan makan yang mengurangi lemak dan gula, meskipun murni jus buah, satu dari lima jus sehari, menambahkan vitamin C, potasium, folat, dan polifenol tanaman." ujar peneliti utama, Professor David Benton.

Para peneliti berharap temuan mereka terkait manfaat minum jus buah bagi anak dapat mendorong orang tua untuk lebih memperhatikan pola sejak dini, khususnya di tahun-tahun pertama kehidupannya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement