Mobile Ad
Memang Boleh Jual Ginjal? Ini Aturan Hukum dan Alasan Kesehatannya

Rabu, 17 Jan 2024

FTNews - Baru-baru ini, seorang calon legislatif (caleg) dari Bondowoso, Jawa Timur, membuat gempar netizen. Pasalnya, ia ingin menjual ginjalnya untuk membiayai kampanye.

Yang menjadi pertanyaan, apakah kita dapat menjual ginjal dan apakah kita dapat hidup dengan satu ginjal? FTNews merangkum dari berbagai sumber terkait hal tersebut.

Hukum Menjual Ginjal di Indonesia


Hukum Indonesia mengenai penjualan organ tubuh. Foto: canva

Indonesia sebenarnya tidak melarang penjualan organ tubuh di dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang berlaku. Namun, Indonesia sudah mengatur hal ini dalam UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP baru yang akan berlaku setelah 3 tahun pengesahannya.

Harga dari ginjal sendiri mencapai sekitar $260 ribu atau sekitar Rp4 miliar. Akan tetapi, berdasarkan Pasal 345 UU No 1 Tahun 2023, Pemerintah Indonesia melarang jual beli organ, jaringan tubuh, dan darah manusia.

Jika terbukti melakukan penjualan organ tubuh, maka penjual mendapatkan hukum pidana penjara paling lama 7 tahun atau denda sebanyak Rp2 miliar. Selain itu, bagi yang mengomersialisasikan transplantasi ini akan mendapatkan hukuman 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp500 juta.

Hidup dengan Satu Ginjal


Manusia dapat hidup dengan satu ginjal. Foto: canva

Berdasarkan kesehatan medis, Advanced Urology mengatakan bahwa manusia dapat hidup sehat dengan satu ginjal saja. Manusia dapat hidup dengan normal dan sehat seperti manusia pada normalnya.

Satu buah ginjal dapat bekerja seperti dua ginjal. Perbedaannya, memiliki satu ginjal akan memaksa ginjal tersebut untuk bekerja lebih ekstra.

Memiliki satu ginjal, bukan berarti kita tidak dapat hidup tanpa dialisis. Dialisis adalah sebuah metode pemompaan darah menggunakan mesin untuk menyaring air yang berada di air. Setelah itu, darah yang telah disaring akan dikembalikan ke dalam tubuh.

Dialisis hanya dilakukan jika ginjal bekerja di bawah 15 persen. Satu ginjal yang sehat dapat bekerja selayaknya dua ginjal yang bekerja.

Jika memiliki satu ginjal, untuk mengurangi beban kerja ginjal, maka harus membatasi makanan bergaram dan berprotein. Karena ginjal memerlukan usaha lebih untuk menyaring makanan tersebut. Selain itu, meminum air dengan banyak dapat mempermudah pekerjaan ginjal.

Untuk seseorang yang memiliki satu ginjal, tidak boleh berolahraga dengan kontak fisik seperti sepak bola, gulat, American football, dan aktivitas lainnya. Selain itu, jika seseorang memiliki satu ginjal, orang tersebut tidak dapat mendonasikan ginjal terakhirnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement