Mobile Ad
Menkominfo Johnny G Plate Dicecar Penyidik Terkait Aliran Dana ke Adiknya Gregorius Alex

Rabu, 15 Mar 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Tim penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) mencecar Menkominfo Johnny G Plate. Terkait aliran dana ke adiknya bernama Gregorius Alex Plate.

Pasalnya, adik Menkominfo Johnny G Plate, Gregorius Alex Plate menerima aliran dana ratusan juta yang bersumber dari proyek pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo, yang diduga merugikan keuangan negara. Padahal adik Menkominfo tidak mempunyai jabatan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Penyidik mendeteksi ada aliran dana ke adinya beliau (Johnny Plate), maka hari ini dilakukan pemeriksaan. Karena adiknya kan nggak ada jabatan apa pun (Kemenkominfo). Nggak ada ikatan hukum apa pun di Kominfo," kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangan kepada wartawan di gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3).

Dalam perkara korupsi pembangunan menara BTS 4G Kominfo, tim penyidik Jampidsus telah memeriksa adik Menkominfo yakni Gregorius Alex Plate. Hingga akhirnya mengembalikan dana tersebut.

"Sudah (diperiksa Adik Johnny G Plate), nanti akan kita dalami lagi," ucapnya.

Ketut menegaskan bahwa pemeriksaan Menkominfo untuk mendalami adanya fakta hukum terkait aliran dana ke adik sang menteri.

"Pemeriksaan hari ini merupakan pendalam dari fakta yang kita dapat sebelumnya," tegasnya.

Diketahui, Menkominfo Johnny G Plate telah hadir memenuhi panggilan tim penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk menjalani pemeriksaan yang kedua dalam perkara dugaan korupsi terkait penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2020-2022.

Johnny tidak mengeluarkan sepatah katapun kepada awak media saat tiba di gedung Bundar Kejagung sekitar pukul 08.50 WIB. Menkominfo tiba di Kejagung dengan disambut Kasubdit Penyidikan Jampidsus Kejagung, Haryoko Ari Prabowo.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement