Mobile Ad
Mudik Lebaran: Polda Metro Bakal Patroli Hingga Sediakan Penitipan Kendaraan

Sabtu, 23 Mar 2024

FTNews - Polda Metro Jaya menyiapkan langkah-langkah pengamanan di wilayah hukumnya jelang mudik lebaran Idul Fitri 2024. Hal ini dilakukan akibat banyaknya masyarakat yang akan kembali ke kampung halamannya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan dalam perayaan Idul Fitri 2024 ini, pihaknya akan memberikan pelayanan ekstra untuk masyarakat.

“Saya tidak akan merubah pola yang sudah dilakukan. Kami akan ekstra lebih memberikan pelayanan. Karena apa? Jakarta ini kan banyak ditinggalkan oleh masyarakat yang akan melakukan perayaan Lebaran. Pulang kampung, mudik,” kata Karyoto, di Mapolda Metro Jaya, pada Jumat (22/3) sore.

Lebih lanjut Karyoto mengatakan untuk meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, pihaknya akan menyediakan tempat penitipan kendaraan bagi para pemudik.


“Kami mulai akan perintahkan pada Kapolsek, Kapolres untuk menyediakan tempat penitipan kendaraan ya. Sepeda motor sehingga nanti manajemennya akan lebih bagus. Jangan sampai masyarakat yang pulang kampung menitipkan di kantor polisi malah tidak aman,” papar Karyoto.

Selain itu ia menyebutkan bahwa pihaknya juga akan melaksanakan patroli ke rumah-rumah warga untuk mencegah terjadinya pencurian atau pembobolan rumah kosong.

“Saya lebih mengedepankan sistim keamanan lingkungan. Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kita bisa melihat memang namanya pencurian ada niat tidak baik pasti sudah gambar-gambar,” jelas Karyoto.


Kemudian Karyoto mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman.

“Kita harus mulai mengimbau ke masyarakat, ini sudah hari ke-11 ya, mungkin di hari ke-20 sekian sudah mulai persiapan. Ya kalo mau mudik, mudiklah yang baik dengan persiapan yg baik. Kendaraan yang sehat, roda-roda jangan sampai gundul ya,” beber Karyoto.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa mempertahankan dan bisa lebih baik, lebih lancar, dan yang paling penting, jangan sampai kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dari tahun yang lalu,” lanjut Karyoto.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement