Mobile Ad
Pemkot Bandung Kasih Solusi Kemacetan di Gedebage, Ini Pilihannya

Rabu, 31 Jan 2024

FTNews - Kemacetan yang terjadi di Kawasan Gedebage hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkot Bandung. Untuk menangani persoalan tersebut, Pemkot Bandung memberikan solusi, yakni mendorong untuk membangun Exit Tol KM 49.

Solusi tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

"Suratnya sedang berproses. Kita ingin mendorong supaya yang KM 149 ini nanti tuntas sampai ke Jalan Soekarno-Hatta. Ya kalau sekarang ini hanya sampai di Summarecon. Ini artinya belum tuntas, nah ini yang sedang kita dorong," kata Ema, Rabu (31/1).

Selain itu, Ema mendorong percepatan pembangunan Exit Tol KM 151. Bahkan, ia menyebut konstruksi jalan tol tersebut nantinya akan membelah lahan sehingga konstruksi jalan itu juga ada di jalan milik Pemkot Bandung.

"Sekarang ini sedang dipercepat juga proses pembukaan KM 151. Otoritasnya di pemerintah pusat. Kita sifatnya mendukung. Kalau nanti pemerintah kota harus menghibahkan, saya pikir tidak ada masalah. Karena G2G itu bisa. Ya government to government untuk proses hibah," ungkapnya.

Ema juga menyebut, saat ini pihak Summarecon tengah menyiapkan akses jalan yang disebut Sektor 5.

Namun persoalannya, akses tersebut melintasi sungai. Lantaran itu, Ema mendorong Balai Besar Wilayah Sungai atau BBWS segera mengeluarkan rekomendasi agar izin segera keluar.

"Ya lumayan kalau itu dibuka untuk akses nanti menuju Al Jabbar bisa juga melingkar untuk menuju ke mal. Atau juga nanti bisa bisa langsung ke GBLA. Nanti ada jembatan balley di sana," ujarnya.

Meski begitu, ia mengakui bahwa solusi tersebut sifatnya jangka panjang. Lantaran itu, dalam waktu pendek yang bisa dilakukan yakni rekayasa lalu lintas harus tetap dioptimalkan.

Selain itu juga pengaturan traffic light dan penempatan petugas yang harus lebih diperbanyak.

"Karena kalau hal-hal yang sifatnya memerlukan waktu tidak mungkin bisa dilaksanakan sekarang," ungkapnya.

Menyambung hal tersebut, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan pihaknya menyiagakan 30 petugas di 5 lokasi kawasan Gedebage pada Jumat, Sabtu dan Minggu untuk mengatur lalu lintas.

"Kami telah menyimpan petugas untuk pengaturan lalu lintas di 5 lokasi yakni akses 5, pos merapi setelah jembatan, Gedebage utama yang masuk ke Sumarecon, akses pintu utama richeese, dan simpang derwati," kata Asep.

Petugas tersebut memang disiapkan untuk mengatur lalu lintas pada hari Jumat sampai hari Minggu, mulai jam 11.00 sampai jam 23.00 WIB.

Asep berharap, keberadaan para petugas akan membantu untuk memperlancar arus lalu lintas.

Apalagi, pada akhir pekan ini terdapat beberapa kegiatan yang mengundang keramaian mulai Mal Sumarecon hingga pertandingan Persib di Stadion GBLA.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement