Mobile Ad
Peneliti AS Ungkapan Manfaat Buah Delima Pada Pasien Alzheimer

Senin, 10 Jun 2024

FTNews - Alzheimer merupakan kondisi terjadinya penurunan kondisi otak, mulai dari daya ingat, kemampuan berpikir, kemampuan bicara, dan perilaku. Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa buah delima, strawberry, dan kenari dapat membantu pasien alzheimer.

Studi dilakukan para peneliti dari University of Copenhagen and the U.S. National Institute on Aging. Mereka menemukan bahwa tiga buah tersebut mengandung zat yang disebut urolithin A, senyawa yang dibuat oleh bakteri usus.

“Studi kami pada model tikus dengan penyakit Alzheimer menunjukkan bahwa urolithin A, yang merupakan zat alami dalam buah delima, dapat meringankan masalah memori dan konsekuensi lain dari demensia,” kata Vilhelm Bohr, profesor afiliasi di Departemen Kedokteran Seluler dan Molekuler di University of California. Universitas Kopenhagen, dikutip NYPost.

Buah delima Foto: NYPost

Secara umum pasien alzheimer mengalami mitokondria lemah yang menumpuk dan mengganggu fungsi otak. Mitokondria sendiri merupakan organ dalam sel yang berfungsi menghasilkan energi bagi tubuh, berperan dalam mengatur kematian dan pertumbuhan sel, serta menjaga kalsium, protein, dan lemak yang diperlukan oleh tubuh.

Utolithin A dalam buah delima telah terbukti menghilangkan mitokondria yang lemah dari otak. Sehingga, otak kembali dapat memproses informasi dengan benar.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Alzheimer’s and Dementia. Meski demikian, para peneliti tidak yakin berapa banyak utolithin A yang dibutuhkan pasien Alzheimer.

“Kami masih belum bisa mengatakan apa pun secara pasti mengenai dosisnya, tapi saya membayangkan dosisnya lebih dari satu buah delima sehari,” kata Bohr.

“Uji klinis dengan Urolithin A telah efektif dalam penyakit otot, dan sekarang kita perlu melihat penyakit Alzheimer,” tambahnya.

Mendapatkan hasil baik dari penelitian pada tikus, para peneliti berencana melakukan studi lanjutan pada manusia.

Buah delima Foto: NYPost

Manfaat Buah Delima Lain


Sementara itu, ahli gizi asal North Carolina Tanya Freirich memberikan komentar atas penelitian ini. Ia mengatakan, akan menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi buah delima, strawberry, dan kenari.

“Ini adalah makanan utuh, tidak diolah dan sangat bergizi, tinggi antioksidan dan, dalam kasus kenari, omega 3,” ujarnya.

Freirich menambahkan, tiga buah ini kemungkinan besar tidak menimbulkan bahaya jika dikonsumsi dalam ukuran porsi biasa. Kecuali, bagi mereka yang mengalami alergi.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement