Mobile Ad
Penyebab Sering Mengantuk yang Harus Kamu Tahu

Senin, 15 Jan 2024

FTNews - Idealnya seorang tidur malam selama delapan jam setiap harinya untuk menjaga kesehatan. Tidur malam delapan jam juga membuat tubuh lebih segar ketika bangun di pagi hari. Salah satu penyebab sering mengantuk ialah mengidap anemia.

Mengantuk merupakan kondisi alami ketika tubuh membutuhkan istirahat. Tetapi bila hal ini terjadi berulang, kemungkinan pertanda gangguan, seperti seperti sleep apnea, narkolepsi, anemia, dan lainnya.

Rasa mengantuk tidak kenal waktu tidak dapat kamu anggap sepele. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Sering Mengantuk


Salah faktor yang menyebabkan hal ini ialah gaya hidup tidak sehat dan masalah kesehatan tertentu. Selain itu, dikutip dari berbagai, berikut ini faktor penyebab sering mengantuk.

Sleep Apnea

Studi Annals of the American Thoracic Society menyatakan rasa kantuk berlebihan terjadi pada pengidap sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur.

Penderita mengalami kondisi ini biasanya pada siang hari. Kondisi ini juga dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan, seperti perubahan suasana hari dan kognisi.

Masalah tidur ini tidak boleh dianggap remeh, karena berpotensi terjadi berulang kali ketika tidur.

Narkolepsi 

Narkolepsi merupakan gangguan pada sistem saraf karena terjadi gangguan yang menyebabkan siklus tidur dan bangun berubah. Ketika malam hari, pengidap akan terbangun berkali-kali. Sementara pada siang hari, kamu akan mengalami kantuk berlebihan.

Menurut studi Journal of Clinical Sleep Medicine, sekitar 44 persen pengidap wanita dan 71 persen pria mengalami narkolepsi akibat gaya hidup.

Anemia

Penyebab sering mengantuk bisa terjadi karena anemia. Kondisi ini terjadi ketika sel darah merah tidak memiliki cukup hemoglobin sehingga proses peredaran oksigen di dalam tubuh mengalami gangguan.

Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi, adanya gangguan pada proses pembuatan sel darah merah, dan lainnya. Selain sering merasa kantuk, penderita anemia juga akan mengalami gejala seperti kulit pucat, pusing, nafas pendek, dan nyeri dada.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan serius, seperti gangguan jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker. Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kandungan minyak bisa menjadi sebab kelebihan berat badan.

Berat badan berlebih juga bisa jadi penyebab sering mengantuk, karena tubuh memerlukan energi besar agar bekerja optimal.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement