Mobile Ad
Pj Gubernur Targetkan Partisipasi Pemilu di Jateng Lebih dari 80 Persen

Selasa, 09 Jan 2024

FTNews - Pemprov Jateng menargetkan partisipasi pemilu 2024 mendatang di atas 80 persen

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengungkapkan target tersebut usai memeriksa kesiapan dan pengamanan logistik pemilu di Kanto KPUD Sukoharjo.

"Untuk partisipasi masyarakat, target kita di atas 80 persen untuk Jawa Tengah. Kita bersyukur kalau masing-masing kabupaten/ kota bisa di atas 80 persen atau sampai 90 persen," katanya kepada awak media, Selasa (9/1).

Agar target tersebut tercapai, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih.

Ia menjelaskan, berdasarkan data PDAK Ditjen Dukcapil Kemendagri per 4 Januari 2024, kemajuan perekaman Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Provinsi Jawa Tengah sudah 99,09 persen.

Hingga saat ini sudah 27.913.044 jiwa yang melakukan perekaman, sedangkan yang belum hanya tersisa 255.828 jiwa.

Jumlah DP4 tersebut termasuk data pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun saat pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

"Makanya ini kita update terus, sehingga pada pelaksanaan pemungutan suara nanti sudah masuk semua," katanya.

Nana kemudian menyinggung perekaman DP4 di Sukoharjo. Hasilnya sudah ada 99,23 persen yang termasuk dalam DP4.

Untuk DP4 progres rekam di Sukoharjo sebanyak 680.132 jiwa. Kemudian yang sudah melaksanakan progres perekaman sebanyak 674.877 jiwa.

Sedangkan masih ada 5.255 jiwa yang belum melakukan progres perekaman.

Lantaran itu, Nana menyarankan kepada KPUD Sukoharjo untuk lebih memperbanyak sosialisasi supaya partisipasi masyarakat yang datang ke TPS semakin banyak.

"Setiap ada waktu disertakan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian melakukan simulasi. Sehingga, masyarakat tahu betul bagaimana dalam pelaksanaan pemungutan suara itu,” ujarnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement