Mobile Ad
Raja Inggris, Raja Charles III, Didiagnosa Terkena Kanker

Selasa, 06 Feb 2024

FTNews - Buckingham Palace telah mengeluarkan sebuah surat terbuka yang menyatakan Raja Charles III terdiagnosa dengan kanker. Saat ini, publik belum mengetahui tipe dan stadium kanker yang menyerang sang Raja Inggris ini.

Saat Raja Charles III sedang memeriksa pembesaran pada prostatnya. Namun, setelah melakukan tes diagnostik yang lebih lanjut, para dokter mengidentifikasi suatu bentuk kanker di tubuhnya. 

“Selama prosedur yang dilakukan Raja di rumah sakit baru-baru ini untuk pembesaran prostat jinak, ada masalah terpisah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker,” tulis Buckingham Palace di surat terbuka.

Raja Charles III akan menunda segala kegiatan publik untuk melakukan perawatan lebih lanjut. Namun, ia masih akan mengerjakan urusan negara dan urusan resmi lainnya.

Sang Raja pun juga mengucapkan terima kasihnya atas intervensi tim medis yang sangat cepat. Berkat prosedur kesehatan untuk pengecekan kesehatannya, kanker ini dapat terdiagnosa.

“Dia tetap bersikap positif terhadap perlakuan yang diterimanya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas publik sesegera mungkin,” ungkap Buckingham Palace.

Sang Raja memilih untuk mengumumkan diagnosis ini untuk mencegah adanya spekulasi. Selain itu, Raja Charles III juga berharap dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terdampak dengan kanker.

Melansir BBC, Inggris memiliki mekanisme konstitusional saat sang kepala negara tidak dapat menjalankan tugas resminya. Oleh karena itu, “penasihat negara” dapat menggantikan posisi Raja Charles III sebagai raja dengan.

"Penasihat negara" tersebut termasuk Ratu Camilla, Pangeran William, Putri Kerajaan, dan Pangeran Edward. Untuk Pangeran Harry dan Duke of York, Buckingham Palace tidak akan memanggil mereka karena mereka adalah bangsawan yang tidak bekerja.

Pangeran William juga untuk sementara waktu mengundurkan diri dari keterlibatan publik sementara dia membantu istrinya Catherine, Putri Wales. Cathrine saat ini sedang melakukan pemulihan setelah melakukan operasi perut yang dia jalani bulan lalu.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement