Mobile Ad
Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Aksi Hari Buruh

Rabu, 01 Mei 2024

FTNews - Sejumlah personel gabungan siap mengamankan aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh Internasional 2024 atau Mayday. Rencananya berbagai elemen bakal memusatkan acara di Stadion Madya Gelora Bung Karno dan Patung Kuda, pada Rabu (1/5).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam mengungkapkan akan menyiapkan 3.454 personel gabungan. Ini terdiri dari gabungan anggota Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, Pemprov Daerah Khusus Jakarta.

“Kami siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan Hari Buruh. Petugas kami ada di lapangan, masyarakat tidak perlu khawatir, akan dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup,” kata Ade Ary, kepada wartawan, pada Rabu (1/5).

Kemudian Pria kelahiran Sukabumi itu menyebutkan dalam pengamanan aksi penyampaian pendapat ini, anggotanya telah diminta bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto menyampaikan agar anggota tidak membawa senjata api.

“Anggota akan dilakukan pengecekan oleh masing-masing perwira pengendali saat melakukan apel persiapan pengamanan. Karena yang dikedepankan adalah kegiatan humanis, persuasif, dan kegiatan-kegiatan preventif,” jelas Ade Ary.

Lebih lanjut Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan itu mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas. Hal ini bersifat situasional melihat kondisi di lapangan.

“Pengalihan arus lalu lintas nanti dilakukan oleh rekan kami petugas di lapangan, di beberapa titik itu ada perwira pengendalinya. Nanti secara situasional dilakukan langkah-langkah kepolisian untuk menciptakan kamseltibcarlantas ya,” ujar lulusan Akpol 1998.

Sementara itu dalam perayaan Hari Buruh ini ia meminta agar masyarakat menyampaikan pendapat dengan aman, damai, tertib, dan saling menghormati satu sama lain. Tujuannya agar tercipta situasi yang kondusif saat acara berlangsung.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement