Mobile Ad
Selama Lebaran 2024, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat Pakai KTP

Kamis, 21 Mar 2024

FTNews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berkomitmen melaksaksanakan pelayanan selama periode cuti bersama dan libur Lebaran 2024. Peserta BPJS kesehatan bisa berobat di kampung halaman menggunakan KTP.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan pelayanan BPJS Kesehatan bisa berjalan selama cuti bersama karena menganut prinsip portabilitas. Meski begitu, peserta BPJS kesehatan hanya bisa mengakses pelayanan rawat jalan paling banyak tiga kali kunjungan.

"Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur Lebaran," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (20/3).

Untuk mendapat pelayanan kesehatan selama Lebaran 2024, peserta BPJS Kesehatan cukup hanya menunjukkan NIK KTP ketika berada di kampung halaman. Peserta juga tidak dipungut biaya tambahan ketika mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Asalkan sesuai prosedur dan dilayani tanpa diskriminasi.

"Yang harus dipastikan adalah status kepesertaan BPJS aktif. Jangan sampai pas libur, ada hal-hal yang memerlukan BPJS, tapi enggak aktif," imbuhnya.

BPJS Kesehatan juga membuka posko kesehatan selama mudik Lebaran 2024 di beberapa titik. Nantinya, posko ini memberikan pelayanan kesehatan, seperti konsultasi kesehatan, relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan sampai pemberian rujukan bila diperlukan.

lebaran 2024 Posko Kesehatan Mudik Lebaran. Foto: BPJS Kesehatan

Posko BPJS Kesehatan ketika libur Lebaran 2024



  • Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur

  • Pelabuhan Merak, Banten

  • Rest Area Tol Travoy KM 88A Purwakarta

  • Rest Area Tol Palikanci KM 207A Cirebon

  • Rest area tol Ungaran Km 429 Semarang

  • Terminal Purabaya Sidoarjo

  • Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement