Mobile Ad
Setiap Tiga Menit, Bayi Terlahir dengan Kondisi Ini

Kamis, 21 Mar 2024

FTNews - Setiap tiga menit, seorang bayi terlahir dengan kondisi bibir sumbing. Ini berarti dari 700 kelahiran bayi, ada satu bayi lahir sumbing.

Bibir sumbing pada anak penyebabnya bisa karena faktor genetik dan lingkungan. Bibir sumbing adalah kondisi terbelah atau terpisahnya secara fisik kedua sisi bibir atas. Tampak adanya bukaan atau celah sempit pada kulit bibir atas.

Untuk faktor lingkungan penyebab bibir sumbing bisa karena ibu hamil yang merokok. Lalu mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dan mengidap diabetes.

Selain itu, ada kemungkinan si ibu hamil mengonsumsi obat antikejang tertentu yang tidak sesuai resep dokter.

Anak-anak tersebut tentunya sangat rentan terhadap penyakit gusi, kerusakan gigi, gigi berlubang dan lainnya.

Praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama mengingatkan pentingnya upaya pencegahan atas penyakit mulut tersebut.

"Operasi bibir sumbing dilakukan mulai usia 3 bulan ke atas dengan maksimal usia 60 tahun," katanya di Jakarta, Rabu (19/3) malam.

Selanjutnya operasi sumbing langit-langit bisa mulai dari usia 1 tahun ke atas ke atas dengan maksimal 20 tahun. Operasi bisa juga tim medis lakukan untuk kedua kondisi tersebut.

Ngabila menambahkan, operasi perbaikan bibir sumbing khusus untuk dewasa yang selama ini sudah pernah menjalani operasi. Tetapi perlu perbaikan secara medis atau estetika.

Dari kondisi tersebut, RSUD Tamansari menggandeng Smile Train Indonesia mengadakan operasi gratis bibir sumbing, sumbing langit-langit serta operasi perbaikan sumbing.

Operasi akan berlangsung, Sabtu 27 April 2024 dengan kuota 20 peserta. Berlokasi di RSUD Tamansari Jakarta Barat. Pendaftaran bisa melalui bit.ly/sumbingrsudtamansari atau menghubungi nomor WA RSUD Tamansari 085892481576.

Pasien anak dengan bibir sumbing. Foto: Hermina Hospital

Libatkan Dokter Spesialis


Dalam operasi nanti akan melibatkan para dokter spesialis bedah plastik andal dari mitra Smile Train Indonesia. Mereka pun punya pengalaman minimal 1.500 operasi bibir sumbing.

"Lama operasi bibir sumbing 30 menit, tidak perlu menginap dan bisa langsung pulang (one day care). Untuk sumbing langit-langit lama operasi 45 menit dan menginap satu malam sesudah operasi di RSUD. Untuk keduanya lama operasi sekitar satu jam," ungkap Ngabila yang juga Kasie Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari.

Berikut syarat pasien peserta operasi ini :

1. Lolos skrining kesehatan praoperasi (dilakukan H-1 operasi)
2. ⁠Usia minimal 3 bulan untuk bibir sumbing (berat badan minimal 5 kg)
3. ⁠Usia minimal 1 tahun untuk sumbing langit-langit (berat badan minimal 10 kg)
4. ⁠Menyertakan fotokopi KTP/kartu keluarga (jika ada)
5. ⁠Tidak perlu kartu BPJS

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement