Mobile Ad
Simak! Ragam Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuhmu

Rabu, 31 Jan 2024

FTNews - Akhir-akhir ini, hujan mengguyur di beberapa lokasi di Indonesia. Hujan yang datang menyebabkan turunnya temperatur sehingga memberi suasana sejuk ataupun dingin.

Hawa-hawa sejuk atau dingin ini membuat diri kita ingin mandi menggunakan air hangat atau panas untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, kita juga cenderung menjauhi mandi air dingin ketika berada di cuaca seperti ini.

Cuaca yang dingin menginginkan kita untuk menghangatkan badan. Namun, ternyata mandi air dingin itu memiliki banyak manfaatnya?

Manfaat Mandi Air Dingin


Ilustrasi mandi air dingin. Foto: canva

Sharon Hame, MD, seorang dokter bedah di University of California, Los Angeles mengatakan mandi dengan air dingin memiliki banyak sekali manfaatnya. Mandi air dingin dapat membantu pemulihan dan membuat diri kalian merasa lebih baik, terutama bagi para pencinta olahraga.

Mandi menggunakan air dingin bukanlah jawaban dari segala permasalahan kesehatan yang ada dan penelitian mengenai hal ini masih sangat terbatas. Namun, manfaat mandi menggunakan air dingin adalah sebagai berikut.
Meningkatkan Imun

Mandi menggunakan air dingin selama beberapa menit dapat meningkatkan imun tubuh untuk menjaga tubuh dari virus. Elemen mengejutkan dari air dingin dapat menstimulasi sel darah putih yang melawan infeksi.

Sebuah penelitian di Belanda, menguji orang-orang yang menggunakan air dingin selama 30, 60, atau 90 detik selama 90 hari. Hasilnya adalah izin sakit ke kantor dari pengguna air dingin ini turun sebanyak 29 persen dari pada yang tidak menggunakan air dingin.
Memperbaiki Sirkulasi Darah

Saat air dingin mengguyur tubuh, kita masuk ke dalam “mode bertahan hidup” untuk mempertahankan suhu panas di dalam tubuh. Akibat stimulasi ini, peredaran atau sirkulasi kita semakin cepat.

“Percepatan sirkulasi dapat mendistribusi ulang darah dan mengirim sel darah baru dengan oksigen ke area yang tubuh perlukan untuk pemulihan,” jelas dr. Hame.

Seiring waktu, sistem sirkulasi menjadi lebih efisien dan pergerakan darah di dalam tubuh lebih cepat. Ini sangat membantu bagi seseorang yang memiliki darah tinggi atau diabetes.
Mengurangi Inflamasi dan Pegal-pegal pada Otot

Temperatur yang rendah atau dingin dapat mempersempit pembuluh darah kita. Saat hal ini terjadi, darah-darah akan bergerak menuju pusat tubuh dan organ vital kita sehingga darah di tubuh kita kaya akan oksigen.

Ketika badan mulai hangat atau memanas lagi, pembuluh darah tersebut akan melebar dan membawa darah beroksigen ke jaringan tubuh kita. Darah yang mengalir kembali, akan membantu meredakan inflamasi sehingga akan menunda pegal-pegal pada otot.
Meredakan Rasa Sakit

Menggunakan sesuatu yang dingin dapat mengurangi rasa sakit dengan cara mengurangi inflamasi yang terjadi. Selain itu, rasa dingin juga mengubah persepsi rasa sakit di otak.

“Jika anda pernah diberikan semprotan dingin sebelum disuntik, itu bekerja dengan mengurangi sensasi rasa sakit yang menjalar di sistem saraf anda,” ungkap dr. Hame.

Konsiderasi Mandi Air Dingin


Ilustrasi konsultasi kesehatan. Foto: canva

Dr. Hame juga menjelaskan bahwa mandi air dingin itu sangat aman dan tidak akan menimbulkan masalah bagi banyak orang sehat. Namun, ada beberapa orang yang memang tidak bisa mandi menggunakan air dingin karena mereka memiliki kebutuhan khusus.

Oleh karena itu, perlunya konsultasi kepada tenaga profesional atau ahli agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Berikut beberapa masalah kesehatan yang harus berkonsultasi dulu jika ingin mandi menggunakan air dingin.

  • Urtikaria dingin (gatal-gatal), reaksi kulit akibat temperatur dingin.

  • Penyakit Jantung, elemen kejut dari air dingin dapat menyebabkan stres pada jantung.

  • Sindrom Raynaud, mati rasa pada jari tangan ataupun kaki akibat temperatur dingin.


Apakah kalian tetap akan mandi menggunakan air dingin di cuaca yang dingin?

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement