Mobile Ad
Soal Napi Kabur, Komisi III DPR: Lapas Harus Dievaluasi

Selasa, 14 Des 2021

Forumterkininews.id, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta Ditjen Pemasayarakatan mengusut kasus kaburnya napi narkoba dari Lapas Kelas I Tangerang. Politisi PKS ini juga meminta pihak Lapas dievaluasi berkala dan menyeluruh.

Habiburokhman mengatakan, evaluasi bisa dilakukan mulai dari mengecek sistem CCTV, sistem shift petugas dan lainnya.

"Pertanyaannya apakah evaluasi berkala ini dilaksanakan atau enggak," kata Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (14/12).

Habiburokhman lantas menyoroti proses kaburnya napi narkoba tersebut. Ia menilai proses kabur tersebut terkesan sederhana dan mudah. Karena itu pula, ia meminta ada pengusutan lebih mendalam.

"Kalau kita lihat metode larinya kan sederhana banget, ke garasi terus lari. Itu kok kayaknya sederhana sekali, gampang banget gitu loh. Nah kan pasti ada yang terlibat silakan diusut, tapi sistemnya gimana, manajemennya gimana, itu yang penting dibahas," kata Habiburokhman.

Semenetara itu Politisi PPP, Arsul Sani berujar Komisi III akan melakukan evaluasi terkait lembaga pemasyarakatan dengan pihak-pihak terkait pada rapat di masa sidang berikut.

Arsul menilai teguran saja tidak cukup, perlu penyelidikan terhadap internal lapas. Pasalnya, kata Arsul persoalan kaburnya napi kerap berulang.

"Ini perlu diselidiki internal bahwa internal melakukan penyelidikan dan penegakkan admin itu silakan. Tapi sebagai kebijakan, setiap ada peristiwa yang ada indikasi permainan itu maka perlu diserahkan ke Polri Bareskrim untuk turun tangan," tutur Arsul.

"Kita bukan zamannya lagi menutupi kekurangan di instansi, bukan kemudian kita tidak berani buat terobosan. Proses-proses yang lebih jauh juga akan jadi bahan untuk membuat kebijakan dan perbaikan SOP," imbuh Arsul.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement