Mobile Ad
Soal Napi Kabur, Sekjen Kemenkum HAM: Kita Tidak Tolelir Kelalaian

Rabu, 15 Des 2021

Forumterkininews.id, Jakarta - Tim Inspektorat Kementerian Hukum Dan HAM terus mendalami kaburnya narapidana berinisial A dari Lembaga Pemasyarakatan Tangerang. Yang kini tengah diselidiki apakah ada persekongkolan jahat hingga napi kasus narkotika tersebut kabur.

"Apabila terjadi hal-hal merupakan domain teman-teman Inspektorat yang saat ini turun mendalami ya keterkaitan apakah ada persekongkolan jahat ya, ranahnya teman-teman dari Polri dalam hal ini ada kaitannya yang ditangani Polda Riau," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komisaris Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto, di Kantor Kemenkumham RI, Jakarta Selatan, Rabu (15/12).

Peristiwa kaburnya napi di Lapas Tangerang, kata Andap, menjadi perhatian Menteri Hukum Dan HAM Yasonna Laoly. Sikap tegas Yasonna langsung perintahkan mutasi jabatan sejumlah Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM.

"Hal ini berkaitan dalam rangka komitmen Menkum HAM, Bapak Yasonna Laoly. Beliau menegaskan tidak mentolerir hal-hal seperti ini, saya selaku sekjen menterjemahkan perintah beliau," katanya.

Kata dia, setidaknya ada sekitar 10 pejabat di Lapas Tanggerang dimutasi. Namun, Andap tidak merinci siapa saja maupun jabatan dalam tugasnya itu.

"Di jajaran Lapas seluruhnya 10 yang kita mutasikan dalam rangka penyegaran dalam rangka evaluasi. Juga kita pendalaman dengan tetap menjunjung asas praduga tak bersalah," kata Andap.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement