Mobile Ad
Sudah Bukan Mobil Lagi, Kini Ada Taksi Pesawat Elektrik!

Kamis, 06 Jun 2024

FTNews - Taksi merupakan kendaraan umum yang biasanya berada di daerah perkotaan untuk memudahkan orang-orang bepergian. Namun, sebuah perusahaan bernama Archer Aviation, memberi gebrakan yang berbeda. Pasalnya, perusahaan ini membuat taksi menggunakan sebuah pesawat elektrik.

Badan Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat sudah memberikan lampu hijau kepada perusahaan yang berbasis di San Jose, California. Sehingga, perusahaan ini sudah dapat melancarkan operasi taksi pesawat elektriknya.

Lampu hijau tersebut mereka dapatkan setelah menerima sertifikat Part 135 Air Carrier & Operator dari FAA. Melalui sertifikasi ini juga, mereka dapat menyempurnakan sistem dan prosedurnya.

Menggunakan Pesawat Elektrik Midnight


Archer menggunakan pesawat elektrik dengan model yang bernama Midnight. Pesawat ini memiliki sistem vertical takeoff and landing (VTOL) untuk mengudaranya.

Artinya, pesawat ini dapat mengudara tanpa harus melaju kencang di landasan pacu. Namun, pesawat ini dapat langsung lepas landas dengan terbang secara vertikal ke atas. Begitu pula dengan cara mendaratnya, di mana pesawat ini dapat turun secara vertikal juga.

Pesawat Midnight milik Archer Aviation. Foto: Archer Aviation

“Dirancang untuk melakukan penerbangan cepat bolak-balik sejauh 30-80 kilometer dengan waktu pengisian daya minimal di antaranya. Archer berfokus untuk mewujudkan masa depan perjalanan udara: aman, berkelanjutan, dan kebisingan rendah,” tulis mereka dalam situsnya.

Selain itu, pesawat yang mampu mengangkut lima orang di dalamnya ini dapat melaju hingga 241 km per jam. Sehingga, dapat menempuh perjalanan yang mana dengan transportasi darat membutuhkan waktu berjam-jam, kini hanya dapat berlangsung dalam beberapa menit.

Pesawat ini menggunakan daya dari enam baterai independen. Pengisian daya baterai tersebut hanya dapat berlangsung dalam beberapa menit saja.

Langkah Awal dalam Menggunakan Pesawat Sebagai Taksi


“Kami merasa terhormat menerima Sertifikat Part 135 Air Carrier & Operator dari FAA. Yang merupakan batu loncatan penting lainnya dalam perjalanan memulai operasi taksi udara komersial dengan pesawat Midnight kami,” ujar Adam Goldstein, Pendiri dan CEO Archer.

Pesawat elektrik yang kelak menjadi taksi pesawat perdana di dunia akan membantu dunia dalam memerangi polusi juga. Tidak hanya soal emisi karbon saja, namun juga polusi suara karena mereka memasarkan produknya ini suara yang tidak bising.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement