Mobile Ad
Tetap Bisa Gerak Kok! Ini Tips Olahraga saat Musim Hujan

Selasa, 30 Jan 2024

FTNews - Olahraga merupakan aktivitas yang dibutuhkan tubuh agar tetap miliki kondisi fisik yang sehat dan bugar. Olahraga juga menjaga keseimbangan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Namun, olahraga bisa terkendala jika musim hujan tiba. Alih-alih sehat, memaksakan berolahraga saat hujan justru bisa terserang penyakit.

Berikut tips untuk berolahraga pada musim hujan:

Berolahraga dalam Ruangan


Olahraga Ilustrasi olahraga di dalam ruangan. (Foto: Freepik)

Jika hujan cukup lebat yang menghambat aktivitas olahraga kalian pilihan olahraga di dalam ruangan bisa menjadi pilihan terbaik tanpa harus terkena hujan.

Ada beberapa pilihan olahraga dalam ruangan, mulai dari datang ke tempat kebugaran untuk fitness, mengangkat beban dan yang lainnya.

Ataupun dengan hal mudah yang bisa kalian lakukan di dalam rumah. Seperti melakukan olahraga kalisteknik mulai dari, push up, plank, sit up dan berbagai gerakan lainnya.

Hal tersebut jika kalian lakukan dengan benar akan mendapatkan hasil yang bagus dan bisa terhindar dari cuaca ekstrem saat musim hujan.

Pilih Pakaian Khusus


Olahraga Ilustrasi pakaian olahraga saat musim hujan atau musim dingin. (Foto: Freepik)

Melakukan olahraga luar ruangan saat musim hujan harus mempertimbangkan pakaian yang akan digunakan. Gunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air dan tidak tebal.

Hal ini untuk menghindari air yang terserap pada kain tersebut dan membuat tubuh akan bisa menggigil.

Sebaiknya gunakan pakaian yang bisa menghagatkan tubuh, agar tetap terhindar dari hipotermia.

Namun, olahraga saat musim penghujan hanya saat kondisi yang terbilang tidak ekstrem. Karena bisa berbahaya jika nekat olahraga luar ruangan saat hujan lebat disertai kilat dan petir.

olahraga Ilustrasi pemanasan saat olahraga. (Foto: Freepik)

Melakukan baik pemanasan ataupun pendinginan sangat diperlukan ketika kalian ingin berolahraga. Hal ini menjadi perhatian khusus karena, tubuh harus bisa mengkontrol secara bertahap kondisi ketika ingin berolahraga.

Terlebih ketika musim penghujan, kalian bisa melakukan pemanasan minimal 15 menit dalam ruangan. Agar bisa terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

Ketika sudah berolahraga, kalian juga harus melakukan pendinginan. Hal tersebut agar tubuh bisa menstabilkan kembali suhu tubuh ataupun otot-otot setelah berolahraga.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement