Mobile Ad
Uji Penerbangan Starship ke-4 Berujung Sukses Besar!

Jumat, 07 Jun 2024

FTNews - Perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX, melakukan uji penerbangan keempat pada pesawat ulang-aliknya, Starship. Uji coba ini berlangsung di fasilitas milik mereka sendiri pada pukul 7.50 waktu setempat, Kamis (6/6), di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat.

Sebelumnya, mereka telah melakukan uji penerbangan yang ketiga pada pertengahan Maret silam yang mana mereka beri label sebagai uji coba tersuksesnya. Waktu itu, Starship berhasil menempuh jarak yang di luar ekspektasinya, yang mana terjauh dibandingkan pendahulunya.

Kini, dengan uji penerbangan yang keempat, mereka ingin melampaui pencapaian sebelumnya. “(Starship) akan mencoba untuk melangkah lebih jauh dari tes sebelumnya. Dan mulai menunjukkan kemampuan penting untuk pengembalian dan penggunaan kembali Starship dan Super Heavy,” tulis mereka dalam situsnya.

Harapan mereka pada uji penerbangan ini menjadi kenyataan. Mereka menyatakan bahwa percobaan ini adalah sukses.

Peluncuran Starship


https://twitter.com/SpaceX/status/1798730164232421498

Dalam uji penerbangan keempat Starship, pesawat akan mengangkut muatan yang mencapai 4.500 ton. Yang mana, SpaceX katakan muatan tersebut sebagai data.

Starship berhasil meluncur ke langit dengan kecepatan dengan bantuan pendorong Super Heavy dengan kecepatan supersonic, sekitar 5.400 kilometer per jam. Sebelum, pendorong tersebut menaggalkan dirinya.

https://twitter.com/SpaceX/status/1798701489097183286

Pendorong Super Heavy pun juga berhasil mendarat dengan selamat di Semenanjung Meksiko. Yang merupakan salah satu keberhasilan terbesar dalam uji penerbangan ini.

Sementara itu, Starship terus berusaha untuk menembus langit. Pesawat tersebut berhasil mencapai luar angkasa dengan kecepatan maksimalnya yang mencapai 26.500 km per jam, kecepatan hypersonic. Dengan ketinggian 153 km dari permukaan Bumi.

https://twitter.com/SpaceX/status/1798792222743122164

Setelah mengorbit selama kurang lebih 45 menit di luar angkasa, Starship kembali memasuki ke Bumi. Roket tersebut memasuki Bumi dengan kecepatan 26.700 km per jam, dan terus berkurang seiring turun mendekati permukaan.

Starship berhasil mendarat dengan “lembut” di Samudra Hindia setelah satu jam enam menit beroperasi. SpaceX berhasil menciptakan sebuah rekor yang sangat berharga dalam upaya mereka untuk menuju planet Mars.

Mendapat Pujian dari Sang Bos


https://twitter.com/elonmusk/status/1798718549307109867

Dalam sebuah tayangan langsung yang disiarkan oleh SpaceX melalui media sosial X, terlihat tim SpaceX bersorak gembira setelah pendaratan Starship. Keberhasilan di uji penerbangan Starship keempat ini memperkokoh persiapan mereka untuk melangkah lebih jauh.

“Meskipun kehilangan potongan dan flap yang rusak, Starship berhasil mendarat dengan lembut di lautan! Selamat kepada tim @SpaceX atas pencapaian yang sangat keren ini!” tulis sang Bos, Elon Musk, melalui akun X-nya.

Ia juga mengatakan bahwa hari tersebut merupakan salah satu hari terbaik untuk masa depan manusia dalam menjelajahi luar angkasa. Meskipun, ia masih menilai terdapat beberapa permasalahan yang harus mereka hadapi untuk menyempurnakan roket berbobot 5.000 ton tersebut.

Musk mengatakan bahwa salah satu permasalahan dalam uji penerbangan ini adalah pelindung panas yang berada di badan pesawat. Ternyata, dugaannya benar karena titik yang ia khawatirkan terlihat ada bekas bakaran.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement