Mobile Ad
Viral! Aksi Ugal-ugalan Bus Hampir Adu Banteng dengan Pemotor di Prabumulih

Kamis, 18 Jul 2024

FTNews - Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tingkah laku bus yang ugal-ugalan di jalan. Di mana, mereka sering kali membahayakan nyawa baik dari penumpang bus sendiri, bahkan hingga pengemudi lain di jalanan.

Kali ini, rekaman kamera dasbor yang akun Instagram @interaktive_ miliki menjadi bukti nyata akan hal tersebut. Sebuah bus diduga milik Rosalia Indah ini membuat resah para pengguna jalan.

Dalam rekaman tersebut, tampak bus tersebut berusaha untuk menyalip sebuah truk dan mobil di belakangnya dengan kecepatan yang tinggi di Lintas Prabumulih, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Bus ugal-ugalan membuat pemotor jatuh. Foto: tangkapan layar Instagram @interaktive_

Tanpa disadari, sebuah motor dengan dua orang penumpangnya berada di depan mereka dari arah yang berlawanan.

Namun, bus tersebut terus memaksa untuk menyalip kedua kendaraan yang berada di depannya, tanpa memperdulikan keselamatan  pemotor.

Pemotor langsung menepi ke kiri jalan ketika berhadapan dengan bus. Sangking mepetnya, pemotor beserta penumpangnya harus jatuh ke arah kiri, di atas rerumputan.

Aturan Menyalip


Ilustrasi rambu lalu lintas. Foto: Canva

Ketika bus tersebut menyalip, garis jalanan tersebut terlihat tidak putus-putus. Artinya, kendaraan seharusnya tidak boleh menyalip.

Selain itu, bus juga menyalip tepat sebelum bertemu dengan tikungan. Padahal, menyalip di tikungan hanya diperbolehkan jika ada pandangan yang jelas dan tidak ada kendaraan dari arah yang berlawanan.

Jika kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka lebih baik untuk menunggu sesudah tikungan. Dengan kondisi jalan yang lebih lurus dan memiliki visibilitas yang lebih baik.

Respon Netizen


Melihat insiden ini, tentu netizen mengecam tindakan dari bus milik Rosalia Indah ini. Komentar-komentar pedas pun memenuhi kolom komentar.

Usahakan klo naik motor sediakan batu di laci/di kantong , untuk antisipasi kejadian sperti ini,” ujar akun @dr_sti********.

Edukasi aja nhi.. Jika ada, yg melihat atau merekam, kejadian, sprti lapor kepihak berwajib dan laporkn dishub!! Spy ijin operasional nya di jabut tw teguran!! Spy pihak jasa transportasi bisa lebih berhati-hati dan drivernya!!” tulis akun @momo******.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement