Mobile Ad
Viral Penipuan Modus Tukar Uang Receh di Palmerah, Polisi Selidiki Pelaku

Sabtu, 01 Jun 2024

FTNews - Dua orang karyawan Ruko Ayam Goreng berinisial R dan I menjadi korban penipuan modus tukar uang receh mencapai jutaan rupiah. Peristiwa ini terjadi di Jalan Palmerah II, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Aksi penipuan ini juga berhasil terekam oleh CCTV Ruko. Videonya diunggah dalam akun media sosial Instagram @warga.jakbar pada Jumat (31/5). Tertulis keterangan bahwa terduga pelaku maksa menukar uang receh Rp 2.5 juta. Setelah dihitung ulang ternyata hanya Rp. 400 ribu.

Terlihat dalam video tersebut awalnya dua orang karyawan tengah duduk menunggu pembeli. Kemudian datang dua orang pria diduga pelaku berboncengan menggunakan sepeda motor. Mereka berhenti tepat didepan Ruko tersebut.

Setelahnya terduga pelaku yang dibonceng turun dari motor dan menyerahkan uang receh yang diletakkan dalam plastik hitam. Kemudian karyawan tersebut mengambil uangnya dan berencana hendak menukarkan.

Sempat terjadi perbincangan antara keduanya. Setelahnya karyawan tersebut memberikan lembaran uang yang ditukarkan dan kedua terduga pelaku pergi meninggalkan lokasi.

Menanggapi peristiwa ini, Kanit Reskrim Polsek Palmerah, AKP Roni mengatakan bahwa peristiwa terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Pihak kepolisian telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

“Korban pemilik Ruko ayam goreng berinisial YS mengalami kerugian Rp 669.500 akibat kejadian ini,” kata Roni, kepada wartawan, pada Sabtu (1/6).

Lebih lanjut ia mengatakan kejadian ini bermula saat karyawan toko didatangi pelaku sejumlah dua orang dengan membawa uang receh sebanyak Rp 2.500.000 untuk alasan ditukarkan.

“Pelaku mengatakan kepada karyawan toko telah mengenal bosnya dan sudah sering menukar uang tersebut. Pelaku juga melarang karyawan toko untuk menghubungi bosnya. Kemudian karyawan toko memberikan uang sejumlah Rp 1.100.000 kepada pelaku,” jelas Roni.

Sementara itu saat ini pihak kepolisian tengah menyelidiki kedua pelaku. Adapun barang bukti yang diamankan dalam kejadian ini yakni video rekaman pada saat kejadian dan kantong plastik berisi uang receh logam Rp 400.500.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement