Lawan Timnas U-23 Uzbekistan, Indonesia Belum Pernah Unggul!

FTNews – Timnas (Tim Nasional) U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di babak semi-final AFC U-23 2024 pada hari Senin (29/4) malam nanti. Saat ini, Tim Garuda hanya berjarak satu langkah lagi untuk menggapai tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Namun, Indonesia harus dapat memenangkan pertandingannya melawan Uzbekistan.

Bukan main-main, Timnas U-23 Uzbekistan adalah salah satu tim favorit untuk menjuarai AFC U-23 ini. Selain itu, dari enam pertemuan, Indonesia belum pernah memenangkan pertandingannya melawan Uzbekistan di segala kelompok umur.

Melansir Bola Sport, pada tahun 2022 lalu, mereka berhasil mengalahkan Timnas U-24 Indonesia dalam ajang Asian Games 2022. Kala itu, Indonesia berhasil menahan imbang Uzbekistan hingga 90 menit dengan skor 0-0. Namun, tim besutan Indra Sjafri ini harus tunduk pada babak tambahan dengan skor 0-2.

Timnas U-23 Uzbekistan

Uzbekistan
Tim Nasional Uzbekistan U23. Foto: Instagram @uzbekistanfa

Selama perjalanannya dalam AFC U-23 2024, Uzbekistan memiliki torehan statistik yang sangat fantastis. Dari empat pertandingan di turnamen ini, gawang Uzbekistan belum pernah dibobol oleh siapapun. Mulai dari Malaysia, Kuwait, Vietnam, dan Saudi Arabia tidak berkutik saat melawan tim dengan julukan “Serigala Putih” ini. 

Selain itu, mereka juga berhasil mengoleksi 12 gol dari empat pertandingan tersebut. Di mana, lima gol dari total tersebut berasal dari pertandingannya saat melawan Timnas Kuwait di dalam fase grup. Sementara itu, Uzbekistan berhasil memenangkan pertandingan lainnya di fase grup melawan Malaysia 2-0 dan Vietnam 3-0.

Di babak perdelapan, Uzbekistan bertemu dengan Saudi Arabia. Mereka berhasil mengalahkan Saudi Arabia dengan torehan skor 2-0.

Saat ini, sebanyak 10 pemain Uzbekistan telah menyumbangkan gol untuk timnya. Husain Norcaev dan Alisher Odilov, selaku penyerang, menjadi top skor untuk negaranya dengan torehan dua gol. Selain itu, bek kanan Saidazamat Mirsaidov dan pemain tengah Jasurbek Jaloliddinov berhasil mengantongi dua assist.

BACA JUGA:   Lolos ke Liga Champions, Pelatih Bali United Minta Dukungan

Timnas U-23 Indonesia

Timnas U-23 Indonesia. Foto: PSSI

Indonesia harus menempuh perjalanan yang sangat sulit untuk mendapatkan posisi di babak semi-final ini. Pada laga grup pertamanya saja, Indonesia harus tunduk dari Timnas Qatar dengan skor 2-0.

Tidak hanya sekedar kalah saja, namun banyak yang merasa bahwa wasit yang memimpin laga tersebut tidak maksimal. Selain itu, ia juga mengeluarkan keputusan-keputusan yang kontroversial dan merugikan Tim Garuda.

Namun, Indonesia berhasil bangkit kembali setelah menghadapi Timnas Australia. Gol tunggal Komang Teguh berhasil mengantarkan kemenangan perdana Indonesia di AFC U-23.

Setelah itu, Indonesia berhasil menggilas Timnas Yordania dengan skor 4-1. Dua gol dari Marselino Ferdinan dan satu gol dari Witan Sulaeman dan Komang Teguh berhasil menorehkan kemenangan terbesar Indonesia di turnamen ini.

Di babak perdelapan, Indonesia harus berhadapan dengan Timnas Korea Selatan, yaitu timnas yang langganan menuju babak semi-final setiap tahunnya. Akan tetapi, Indonesia berhasil memberhentikan dominasi Korea Selatan dan memenangkan pertandingannya.

Meski berhasil memenangkan pertandingannya, Indonesia menempuh jalan yang sangat sulit. Indonesia harus seimbang selama 120 menit bermain dengan skor 2-2 dan memaksa pertandingan menuju babak penalti. Yang akhirnya, Indonesia memenangkan babak penalti dengan skor 11-10 setelah Ernando Ari menyelamatkan tendangan terakhir dari Korea Selatan.

Saat ini, Rafael Struick, Komang Teguh, dan Marselino memimpin puncak top skor Indonesia dengan torehan dua gol. Sementara itu, kiper andalan Ernando Ari hanya dapat menahan kebobolan pada satu laga saja, yaitu saat berhadapan dengan Australia.

Artikel Terkait

Peparnas XVII: Riau Raih Emas Pertama Cabor Atletik

FTNews, Pekanbaru--- Kontingen Riau meraih medali emas perdana di...

Atlet Terbaik Perpanas XVII Bakal Disiapkan untuk Paralimpiade Los Angeles 2028

FTNews, Surakarta--- Atlet terbaik Peparnas XVII Solo akan dipersiapkan...

Menpora: Peparnas Ajang Lahirkan Atlet Penyandang Disabilitas Berbakat

FTNews, Surakarta--- Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024...